30/01/2023 Mitigasi Bencana, Lapas  Tuban Gandeng BPBD | Jatim TIMES

Mitigasi Bencana, Lapas Tuban Gandeng BPBD

Nov 16, 2021 15:57
Sosialisasi dan simulasi proteksi  peralatan kebencanaan dan kebakaran di Lapas Tuban (16/11/2021). (Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)
Sosialisasi dan simulasi proteksi peralatan kebencanaan dan kebakaran di Lapas Tuban (16/11/2021). (Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)

Pewarta: Ahmad Istihar | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)  Kelas IIB Tuban menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Tuban dalam sosialisasi dan simulasi peralatan proteksi kebencanaan dan kebakaran di lapangan lapas, Selasa (16/1½2021).

Kepala Lapas Tuban Siswarno menjelaskan bahwa kegiatan mitigasi kebencanaan itu merupakan arahan dari pusat agar melaksanakan kesiapan penanggulangan bencana di lembaga pemasyarakatan. “Kalaupun ada bencana, kami sudah siap tanggap dan dibekali ilmu sehingga bisa maksimal dalam menanggulangi,” terangnya.

Baca Juga : Duh, Warga Singosari Tanam Pisang di Jalan Berlubang, Gerah Tak Kunjung Diperbaiki

Siswarno berharap jajarannya dapat mengikuti simulasi dengan baik. Pasalnya, kegiatan ini sangat berharga dan penting mengingat banyak bencana yang terjadi kapan pun dan di mana pun.

“Namanya pembelajaran itu perlu. Kita tidak tahu bencana itu kapan hadir. Jadi,harap ikuti dengan seksama,” imbuhnya.

Sementara, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Tuban Djumali menyebutkan bahwa sosialisasi kebencanaan mencakup  pengenalan potensi daerah potensi Kabupaten Tuban yang rawan bencana serta cara memproteksi lapas dari bencana kebakaran.

“Kami sampaikan pentingnya peralatan kebakaran dan mitigasi bencana sehingga diharapkan seluruh petugas Lapas Tuban mengetahui dan menyikapi jika ada bencana,” terangnya.

Baca Juga : Sinopsis Ikatan Cinta RCTI 16 November 2021: Irvan Panik Disindir Mama Sarah di Depan Al soal Jesica

Dalam kegiatan ini, dilakukan simulasi pemadaman kebakaran yang diikuti 55 petugas dan UPT Kanwil Kemenkumham Jawa Timur di Kabupaten Tuban. Simulasi ini melibatkan instruktur atau petugas BPBD Tuban sebanyak 8 petugas.

 

Judul berita Mitigasi Bencana, Lapas Tuban Gandeng BPBD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
lapas tuban simulasi bencana

Berita Lainnya