Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Warga Diminta Waspada, Kota Batu Bakal Diguyur Hujan Disertai Petir 3 Hari Mendatang

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

13 - Nov - 2021, 15:25

Placeholder
Peringatan dini 3 harian Jawa Timur. (Foto: infobmkg)

JATIMTIMES - Bencana Banjir bandang susulan di Kota Batu patut diwaspadai. Hal itu dikarenakan tiga hari ke depan, Kota Wisata ini diprediksi bakal diguyur hujan bercampur petir.

Hal itu sebagaimana informasi yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). BMKG mengeluarkan peringatan dini 3 harian di Jawa Timur. Terhitung mulai 13-15 November 2021 mendatang.

Baca Juga : Pemerhati Lingkungan Ingatkan Ancaman Bencana Alam di Kabupaten Malang

“Waspadai adanya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin sesaat pada tiga hari mendatang,” ungkap pelaksana tugas (plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

Dalam tiga hari mendatang khususnya juga di Kota Batu BMKG juga mengeluarkan peringatan potensi banjir level waspada. Rinciannya pasa Sabtu (13/11/2021) mulai pagi hari di kawasan Lamongan, Tuban, Nganjuk, Jombang, Kab Malang, Kota Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember dan Bondowoso.

Sementara Siang-Sore hari di Kota Batu, Kab Malang, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Magetan, Pacitan, Trenggalek, Kediri, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Sampang, dan Pamekasan.

Lalu keesokan harinya Minggu (14/11/2021) Pagi hari di Kab Malang, Gresik, Jombang, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Kediri, Kab Malang, Probolinggo, Lumajang, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan, dan Sumenep.

Siang-Sore harinya di Kota Batu, Kota Malang, Kab Malang, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Tulungagung, Blitar, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Sampang. Malam hari di wilayah Pacitan. Dan Dini hari di wilayah Pulau Bawean dan Ponorogo.

Pada Senin (15/11/2021) Pagi hari di wilayah Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Malang, Kota Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Banyuwangi dan Pamekasan.

Siang-Sore hari di wilayah Surabaya, Kab. Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan,

Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Banyuwangi dan Sampang.

Baca Juga : Gudang Kerajinan Kayu di Kota Batu Dilalap Jago Merah, Kerugian Capai Ratusan Juta

Malam hari di wilayah Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Malang, Kota Pasuruan dan Lumajang. Dan Dini hari di wilayah Sumenep.

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, pasca banjir bandang meminta warga Kota Batu tetap waspada dan siaga khususnya yang berada di aliran sungai brantas. Mengingat fenomena La Nina puncaknya masih akan berlangsung pada bulan Januari-Februari. “Jika didapati hujan lebat intensitas tinggi supaya segera evakuasi,” imbaunya. 

Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan kawasan relokasi bagi warga yang terdampak banjir bandang dan rawan terkena banjir bandang.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya