Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

Muncul Sumber Baru di Kota Batu, Namanya Sumber Air Rembyung

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

23 - Oct - 2021, 19:46

Placeholder
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat melihat sumber air Rembyung Dusun Krajan, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Meski sumber mata air di Kota Batu kini terus berkurang, ada satu sumber baru muncul untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di kawasan Dusun Krajan, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Nama sumber itu adalah Sumber Air Rembyung.

Kini pembangunan sumber Sumber Air Rembyung terus dilakukan dan sudah mencapai 50 persen. “Proses  pembangunan telah mencapai 50 persen,” kata Panitia Pembangunan Sumber Air Rembyung, Mustaqim, Sabtu (23/10/2021)..

Baca Juga : Ini Cara Perguruan Pencak Silat Jagad Ksatrian Mewujudkan Keamanan Kerukunan dan Persatuan di Banyuwangi

Sumber dana pembangunan itu dari swadaya masyarakat dusun tersebut. “Dan sumber dana berasal dari gotong royong seikhlasnya warga Dusun Krajan,” tambah Mustaqim.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko yang mengunjungi lokasi Sumber Air Rembyung ini mengapresasi yang dilakukan warga. Menurutnya rasa memiliki dan keinginan warga Dusun Krajan merawat sumber air cukup tinggi.

Dia pun berharap keberadaan sumber air tersebut tetap terjaga. “Ini adalah anugerah, saya titip sumber air ini untuk masa depan anak cucu kita,” harap Dewanti istri Eddy Rumpoko ini.

Sementara itu, Kepala Desa Giripurno Suntoro, menambahkan, jika  Sumber Rembyung telah terdata oleh  Pemdes Giripurno. Sebelumnya sumber tersebut telah dijaga dan dirawat oleh warga Dusun Krajan.

Baca Juga : PKL Pasar Pagi Gelar Selamatan Wiwitan Sambut Relokasi ke Stadion Brantas

“Sejauh ini warga sekitar ikut melindungi, menjaga, merawat sumber di sana supaya tetap mengalir deras. Sebab ini menjadi aset yang kembali kepada warga untuk kebutuhan bersama,” ucap Suntoro.


Topik

Lingkungan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya