Giatkan Vaksinasi Warga Pedesaan, Babinsa dan Nakes Montong Tuban Datangi Rumah Warga | Jatim TIMES

Giatkan Vaksinasi Warga Pedesaan, Babinsa dan Nakes Montong Tuban Datangi Rumah Warga

Oct 14, 2021 19:16
Pengawalan dilakukan prajurit Tentara Nasional Indonesia anggota Babinsa Koramil Montong Kodim Tuban (14/10/2021) (Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)
Pengawalan dilakukan prajurit Tentara Nasional Indonesia anggota Babinsa Koramil Montong Kodim Tuban (14/10/2021) (Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Dukung Percepatan Vaksin di pedesaan, Koramil Montong Kodim Tuban dengan tenaga kesehatan (nakes) galang warga Desa Tanggulangin, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, untuk ikut serbuan vaksin dosis 1 dan 2.

Seperti dilakukan prajurit Tentara Nasional Indonesia Babinsa Tanggulangin Sersan MD. Bagus Raka dengan Nakes. Mereka terus menggalang warga binaan dengan cara mendatangi warga dari rumah ke rumah sampai vaksin massal di Balai Desa setempat. 

Baca Juga : Pemkab Sumenep Raih Penghargaan APE dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan

Pantauan di lokasi kegiatan vaksin diikuti Babinsa, Nakes Puskesmas Montong, Kades Tanggulangin beserta Perangkat, serta sebanyak 200 orang sebagai peserta. Meskipun, dari medis 180 orang yang dapat divaksin. Sedangkan 20 orang terkendala tensi tinggi dan penyakit penyerta.

"Ada 180 orang atau warga yang ikut vaksin. Sisanya 20 warga tidak bisa ikut karena penyakit," jelas Sersan MD. Bagus Raka, Kamis (14/10/2021) 

Selain pengawalan peserta vaksin, Babinsa dan Nakes juga bergantian mengimbau kepada peserta yang mengikuti kegiatan vaksin, tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan. 

Babinsa berharap, pendampingan Vaksinasi TNI dan Pemerintah desa Tanggulangin, mampu mencegah dan melindungi diri dari perkembangan penularan Covid-19.

Selain itu, keikutsertaan prajurit TNI dalam mendukung percepatan penyuntikan vaksin di wilayah desa binaan sebagai percepatan distribusi vaksin. Pasalnya, sebelumnya capaian vaksin kabupaten Tuban masih dibawah 50 persen atau dibawah standar yang ditetapkan pemerintah pusat yakni 70 persen. 

"Kulo baru vaksin dosis 1, berhubung tetangga banyak yang ikut vaksin, saya putuskan ikut vaksin di desa," kata warga Desa Tanggulangin Marlina. 

Baca Juga : Tutup Program TNI Masuk Desa, Bupati Kediri Sampaikan Kebanggaan dan Apresiasinya

Terpisah Danramil Motong Lettu Inf Anang S saat ditemui di Kantornya menjelaskan bahwa kegiatan pendampingan vaksinasi oleh anggotanya merupakan salah satu bentuk dukungan program pemerintah sebagai upaya keluar dari pandemi Covid-19. “Mari kita dukung program vaksinasi demi meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh warga terhadap serangan Covid-19”, kata Danramil.

Danramil Montong Anang juga mengimbau seluruh lapisan masyarakat di teritorialnya untuk tetap patuh protokol kesehatan yakni 5M (memakai masker, menjaga jarak, menggunakan masker, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas penerapan protokol kesehatan) selain Prokes itu, Anang meminta warga untuk mengikuti vaksin yang terus digulirkan.

"Jangan ragu, vaksin aman, kami minta tetap mematuhi Prokes 5M dan masyarakat Montong kiranya yang belum vaksin, ikut vaksinasi Covid-19 guna memutus mata rantai dan mengakhiri pandemi Covid-19,"tutup Danramil Anang S.

 

Topik
Berita Tuban Kodim Tuban Babinsa

Berita Lainnya