Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Sambut 944 Mahasiswa Baru, Unisba Blitar Gelar PKKMB via Daring

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

06 - Oct - 2021, 16:41

Placeholder
Rektor Unisba Blitar Soebiantoro membuka kegiatan PKKMB.(Foto : Malik Naharul/JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru, Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Kegiatan pengenalan kehidupan kampus tahun ini masih dilaksanakan secara daring menggunakan media Zoom meeting dan You Tube Live dengan pertimbangan saat ini pandemi Covid-19 masih belum sepenuhnya usai. Kegiatan PKKMB ini dilaksanakan selama tiga hari mulai Selasa (5/10/2021) hingga Kamis (7/10/2021).

Baca Juga : Kini, Pelaku Industri Kuliner Kota Malang Bisa Daftar Sertifikasi Halal Gratis

Dengan mengangkat tema ‘Penguatan Karakter Kemandirian, Integritas, Intelektualitas dan adaptasi Guna Mewujudkan Merdeka Belajar di era Society 5.0’, kegiatan PKKMB Unisba tahun ini diikuti oleh 944 orang mahasiswa baru dengan melibatkan unsur dosen, tenaga kependidikan serta mahasiswa.

Kegiatan PKKMB ini dibuka oleh Rektor Unisba Blitar, Soebiantoro dan dihadiri oleh Direktur Pembelajaran dan Mahasiswa Kemendikbudristek RI, Sekertaris LLDikti Wilayah VII, Wakil Rektor Unisba Blitar, Dekan Fakultas, Kepala Program Studi dan para dosen.

Ketua Panitia PKKMB Unisba Blitar tahun 2021, Novi Catur Muspita dalam sambutannya mengatakan, PKKMB Unisba tahun ini diisi dengan pembukaan, video profil BEM, DPM, Himaprodi dan UKM, hari kedua dengan materi Jati diri Unisba, Pengenalan Sistem Akademik PT, pengenalan Ormawa/ Organisasi dan kemahasiswaan, program Kreatifitas mahasiswa dan inovasi, Implementasi nilai budaya dan etika kehidupan kampus, dan di hari ke tiga diisi dengan Pengenalan kegiatan akademik Fakultas dan Program Studi, prilaku bijak di tengah Pandemi Covid-19, kehidupan berbangsa, bernegara, serta pembinaan kesadaran bela negara.

“Tujuan dari kegiatan PKKMB ini diharapkan mahasiswa baru dapat memahami dan mengenali lingkungan barunya di dunia perkuliahan, terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan. Meningkatnya kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air dalam diri mahasiswa baru, memahami arti pentingnya pendidikan yang akan ditempuhnya dan pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Serta terciptanya persahabatan dan kekeluargaan antar mahasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan,” ungkap Novi Catur.

Sementara itu, Rektor Unisba Blitar, Soebiantoro, dalam sambutannya berharap, para mahasiswa baru agar ada rasa kebanggaan bisa kuliah di Unisba Blitar yang merupakan perguruan tinggi terbesar di Blitar Raya. Rektor juga meyakini, kedatangan mahasiswa baru akan dapat lebih mengembangkan Unisba Blitar lebih maju dan berkembang.

Baca Juga : Genjot Wisata Halal, Pemkot Malang Fasilitasi Pelaku Industri Kuliner Urus Sertifikasi Halal

“Kami mewakili segenap pimpinan civitas akademika di lingkungan Unisba Blitar mengucapkan selamat kepada 944 mahasiswa baru dan selamat bergabung menjadi bagian dari civitas academika Unisba Blitar. Para adik-adik mahasiswa baru patut bersyukur karena setelah melewati tahapan demi tahapan dan serangkaian seleksi yang ditetapkan, adik-adik sekalian bisa lolos dan diterima sebagai mahasiswa baru di Unisba Blitar kebanggan kita bersama,” tegas Soebiantoro.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unisba Blitar berpesan kepada mahasiswa baru untuk memanfaatkan masa perkuliahan dengan sebaik-baiknya. Dia juga menghimbau pada para mahasiswa baru agar senantiasa bekerja keras dan belajar dengan penuh semangat agar dapat  akan dapat lulus tepat waktu.

“Setelah PKKMB nanti Para mahasiswa baru akan melaksanakan kehidupan kampus dan selama 3,5 sampai 4 tahun kuliah disini. Semoga nanti adek-adek mahasiswa baru bisa belajar dengan sungguh-sungguh sehingga masa pendidikan teman-teman mahasiswa bisa lulus tepat waktu. Oleh karena itu, adek-adek mahasiswa dan bapak ibu dosen harus bersemangat dalam mewujudkan program merdeka belajar,” tandas Rektor.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya