Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Sebanyak 1.126 RT di Kota Batu Masuk Zona Hijau, Zona Kuning hanya 12 RT

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

02 - Oct - 2021, 14:29

Placeholder
Update situasi Covid-19 Jawa Timur. (Foto: Pemprov Jatim)

JATIMTIMES - Landainya kasus konfirmasi Covid-19 di Kota Batu menyisakan 12 rukun tetangga (RT) masuk dalam zona kuning. Sementara sisanya 1.126 RT masuk pada zona hijau.

Bahkan saat ini sudah tidak ada lagi kawasan zona oranye dan merah di Kota Batu. Apalagi saat ini kasus aktif Kota Batu hanya ada 17 orang, di antaranya 7 orang dirawat di rumah sakit rujukan, dan 10 orang di isolasi terpusat YPPII Kota Batu.

Baca Juga : Biaya Operasional Bansos Beras PPKM di Pamekasan Tak Sampai ke Pendamping, ke Mana?

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Batu, Onny Ardianto memastikan sudah tidak ada lagi kawasan zona merah dan zona oranye di Kota Batu. Melihat saat ini kasus konfirmasi positif Covid-19 sudah landai.

“Hampir seluruhnya sudah masuk pada zona hijau, tinggal 12 RT saja yang masih zona kuning,” ungkap Onny, Sabtu (2/10/2021). Sejauh ini kepatuhan dan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19 berpengaruh dengan kasus konfirmasi yang landai setiap harinya.

Alhasil skor situasi Kota Batu terus mengalami peningkatan. Dari data Dinas Kesehatan Kota Batu jika ditinjau dari 14 indikator bersatu lawan Covid-19, kondisi Kota Batu saat ini skornya 2,71 pada Sabtu (2/10/2021).

Jumlah tersebut ada kenaikan 0,1 dari sebelumnya di angka 2,61. Meski skornya bertambah Kota Batu masih bertahan pada zona kuning atau risiko rendah. “Sebelumnya skor Kota Batu ditinjau dari 14 indikator bersatu lawan Covid-19 2,5, lalu naik 2,61 sekarang naik pagi 2,71,”

Sedangkan munculnya kasus baru konfirmasi Covid-19 masih berasal dari kontak erat keluarga pasien konfirm. Hingga saat ini jumlah kumulatif kasus konfirmasi Covid-19 mencapai 3.076 pasien.

Baca Juga : Makna Hari Batik Nasional Kian Mendalam bagi Pengrajin Batik Kota Kediri di Tengah Pandemi Covid-19

Sementara kasus kesembuhan secara kumulatif mencapai 2.797 orang. Dan jumlah kasus kematian kumulatifnya sejumlah 262 orang. Meskipun situasi sudah landai Onny meminta kepada warga untuk tetap taat dan disipli protokol kesehatan.

Melihat saat ini kepadatan masyarakat mulai terjadi dibeberapa titik Kota Batu. Karena itu Onny menghinbau supaya menerapkan 5M. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga Kesehatan, dan menghindari kerumunan. “Selalu terapkan protokol kesehatan, jaga kesehatan,” imbau Onny yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu ini


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya