Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Tak Mau Siswanya Menyesal karena Salah Jurusan, SMAK Kosayu Lakukan Cara Ini

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

10 - Sep - 2021, 20:47

Placeholder
Expo perguruan tinggi yang dilakukan secara virtual (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - SMAK Kosayu Malang punya cara sendiri dalam mengarahkan para siswanya untuk melanjutkan studi lanjutan yang tepat.  Cara tersebut dilakukan melalui gelaran Expo Perguruan Tinggi Se-Indonesia bahkan hingga perguruan tinggi dari luar negeri.

Kepala Sekolah SMAK Kosayu Malang Petrus Harjanto menjelaskan expo yang dilakukan secara daring ini sengaja digelar untuk memperkenalkan perguruan tinggi. Sekaligus memberikan perguruan tinggi kesempatan dalam mengenalkan kampus mereka serta program studi yang ada maupun keunggulan-keunggulan yang dimiliki.

1

"Harapannya mereka bisa mengenal lebih lanjut dalam berbagai hal. Misal jurusannya apa, biayanya berapa, terus  prospek lulusannya bagaimana," ungkapnya saat ditemui, Jumat (10/9/2021).

Baca Juga : Polisi Swab 36 Guru, Buntut Video Viral Dangdutan Kepala Dikbud Bondowoso

Dari situ diharapkan, para siswa memiliki wawasan yang cukup untuk bagaimana memutuskan berkarir di bidang apa dan harus memilih studi jurusan apa. Sehingga, secara garis besar hal ini memberikan wawasan kepada siswa dalam memberikan arahan untuk menentukan masa depan mereka. 

"Harapan kami anak-anak memiliki wawasan yang cukup untuk bagaimana memutuskan nanti berkarier di mana dan memilih jurusan apa yang cocok. Sehingga mereka tidak salah dan tidak menyesal nantinya," ucap dia 

Dalam Expo Perguruan Tinggi ini, jumlah perguruan tinggi yang mengikuti sejumlah 79. Ke-79 perguruan tinggi tersebut dari seluruh Indonesia dan dari luar negeri. 

"Jadi, yang ikut ini lebih banyak dari tahun kemarin. Tahun kemarin ada 65, sekarang 79. Sebelumnya juga ada lagi kegiatan kita Minggu lalu, yaitu  Expo Karir. Jadi alumni datang memberikan informasi macam-macam karir yang ditekuni sehingga kemudian ditindaklanjuti dengan memilih studi di mana dan dilanjutkan dengan Expo Perguruan Tinggi ini," bebernya.

2

Ketua pelaksana expo  Rosa Irawati menambahkan, dari 79 perguruan tinggi yang mengikuti expo ini, kebanyakan memang merupakan perguruan tinggi swasta. Perguruan tinggi yang mengikuti expo berasal dari Jakarta hingga  Bali. Yang luar negeri ada yang berasal dari Inggris, China, Selandia Baru, dan Kanada.

Baca Juga : Pastikan PTM Terbatas di Tulungagung Patuhi Prokes, Polisi Monitoring Sekolah

"Para pesertanya diikuti oleh semua siswa, mulai kelas 10 hingga kelas 12. Beda dengan tahun lalu yang hanya kelas 12. Alasan diikutkan semua karena sejak dini mereka sudah mendapatkan gambar untuk memilih jurusan yang tepat," ucapnya.

Expo Perguruan Tinggi ini akan berlangsung selama dua hari, mulai Jumat (10/9/2021) hingga Sabtu (11/9/2021). Event Expo Perguruan Tinggi ini merupakan kegiatan yang telah diselenggarakan kali ke-23. 


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy