30/01/2023 Persiapan Pelaksanaan ANBK, Pondok Pesantren Syafa'atul Ulum Gelar Vaksin Santri dan Warga Belajar | Jatim TIMES

Persiapan Pelaksanaan ANBK, Pondok Pesantren Syafa'atul Ulum Gelar Vaksin Santri dan Warga Belajar

Sep 09, 2021 12:49
Pondok Pesantren Syafa'atul Ulum saat gelar vaksin santri dan warga belajar. (Foto: Ketua Yayasan Mudzakir for JatimTIMES)
Pondok Pesantren Syafa'atul Ulum saat gelar vaksin santri dan warga belajar. (Foto: Ketua Yayasan Mudzakir for JatimTIMES)

Pewarta: Heri Sumaryanto | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES- Sebanyak 57 Santri Pondok Pesantren Syafa'atul Ulum Dusun Munggur Desa Mangunharjo Kabupaten Ngawi, warga belajar beserta tutor/gurunya dari PKBM (pusat kegiatan belajar masyarakat) yayasan menerima Vaksinasi Sinovac tahap pertama pada tanggal 2 September lalu.

Vaksinasi yang diberikan kepada para santriwan/santriwati tersebut selain merupakan tindak lanjut dari program pemerintah juga dalam rangka persiapan pelaksanaan ANBK (assesmen nasional berbasis komputer) kementerian pendidikan.

Baca Juga : Kasus Konfirmasi Positif Covid-19 Kota Batu Landai, Pasien Isolasi Mandiri Tersisa 1 Orang

"Alhamdulillah Vaksinasi di Pondok Pesantren Syafa'atul Ulum kemarin berjalan lancar dan para santri beserta pengajarnya sangat antusias," terang mudzakir ketua yayasan, 8/9/2021.

Perlu diketahui assesmen nasional berbasis komputer (ANBK) adalah assesmen yang menggunakan komputer secara daring dan semidaring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal.

ANBK diikuti oleh satuan pendidikan, satuan pendidikan kerjasama (SPK), sekolah Indonesia luar negeri (SILN) serta program pendidikan kesetaraan di luar negeri yang terdaftar dalam dapodik atau EMIS dan memiliki nomor pokok sekolah nasional (NPSN) yang valid.

Syafa'atul Ulum sendiri memiliki warga belajar berjumlah 166 orang yang terbagi menjadi tiga kelas yaitu kelas 10, 11 dan 12, di bawah naungan Dinas Pendidikan, PKBM (pusat kegiatan belajar masyarakat) masuk dalam kriteria peserta didik  di jenjang SMA/MA/SMK/MAK/Paket C/Ulya Sederajat yang memiliki laporan penilaian hasil belajar semester ganjil dan genap kelas 10.

Peserta ANBK sekaligus warga belajar jenjang paket C kelas 2 atau kelas 11 dalam dapodik sejumlah 30 warga belajar yang terdiri dari 25 orang berstatus produktif atau masa belajar dan sisanya merupakan warga belajar kesetaraan pada hari Rabu 8 september 2021 melaksanakan gladi bersih di Madrasah Aliyah Ngawi (MAN) 1 Ngawi.

Baca Juga : Reses Jadi Momen F-PKB Bantu Masyarakat Dapatkan Vaksin

Mudzakir Ketua Yayasan Syafa'atul Ulum menyampaikan "Gladi bersih ANBK dilaksanakan dengan harapan setiap warga belajar dalam pelaksanaan pada tanggal 23 dan 24 september 2021 nanti berjalan lancar dengan ridhonya, kita numpang di MAN 1 Ngawi, karena media di sana lengkap dan sangat menunjang terlaksananya ANBK memang sudah kerjasama setiap tahunnya".

Gladi bersih sendiri dihadiri oleh perwakilan dinas pendidikan dan proktor yang merupakan pengawas pelaksana assesmen.

"Dengan adanya perkembangan program pendidikan berbasis digitalisasi ini pengelola juga berharap bisa mendapatkan perhatian lebih dari Dinas Pendidikan Ngawi khususnya, pemerintah daerah maupun pemerintah pusat yang bergerak di bidang pendidikan sehingga mampu bersaing dengan lembaga pendidikan formal yang ada," pungkas Mudzakir.

Judul berita Persiapan Pelaksanaan ANBK, Pondok Pesantren Syafa'atul Ulum Gelar Vaksin Santri dan Warga Belajar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
pendidikan ngawi program anbk

Berita Lainnya