04/02/2023 Mesin Pompa Masih Gangguan, Perumda Tugu Tirta Kota Malang: Mesin Harus Ganti, Ini Ada Prosedurnya | Jatim TIMES

Mesin Pompa Masih Gangguan, Perumda Tugu Tirta Kota Malang: Mesin Harus Ganti, Ini Ada Prosedurnya

Sep 04, 2021 16:45
Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas saat ditemui di kantor loket pembayaran tagihan di Ruko Jalan WR. Supratman, Kota Malang, Sabtu (4/9/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas saat ditemui di kantor loket pembayaran tagihan di Ruko Jalan WR. Supratman, Kota Malang, Sabtu (4/9/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

Pewarta: Tubagus Achmad | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Mesin pompa transmisi di Sumber Wendit hingga saat ini masih alami gangguan yang menyebabkan pendistribusian ke beberapa tandon air menurun, seperti di Tandon Mojolangu, Tandon Tlogomas, Tandon Bethek dan Tandon Buring. 

Dikarenakan distribusi air yang menurun ke beberapa tandon, hal itu menyebabkan debit air di zona-zona tertentu mengalami debit air kecil di jam-jam tertentu. 

Baca Juga : Kota Malang Sumbang 23 Atlet untuk Jatim di Ajang PON XX Papua

"Tidak sepenuhnya air padam itu sampai satu harian, tidak. Jam-jam tertentu saja, ketika jam sibuk itu akan mengalami penurunan, terutama yang masuk di titik pelayanan tandon Bethek dan Mojolangu," ungkap Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas kepada JatimTIMES.com, Sabtu (4/9/2021). 

Atas gangguan tersebut pihaknya menyampaikan, untuk beberapa bagian di mesin pompa akan dilakukan penggantian yang mengacu pada prosedur yang sudah ditetapkan. Pasalnya, pada bagian mesin pompa yang mengalami gangguan sudah tidak dapat diperbaiki. Jadi, kata Muhlas, harus diganti dengan komponen suku cadang mesin pompa yang baru. 

"Ini yang perlu dipahami oleh semuanya bahwa ini tidak sekedar mereparasi atau memperbaiki, tapi di sini mengganti suku cadang yang ada di dalam pompa tersebut," ujarnya. 

Pejabat yang dikenal ramah ini menuturkan, karena akan dilakukan penggantian dengan suku cadang yang baru untuk mesin pompa di Sumber Wendit, pihaknya harus belanja suku cadang tersebut.

"Karena belanja itu kita harus melakukan proses tender atau lelang, maka di sinilah yang membuat kami tidak bisa super cepat. Karena kami harus mengacu pada prosedur aturan," terangnya. 

Baca Juga : Rayakan Hari Pelanggan, Dirut Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang Berikan Layanan Maksimal

Nantinya jika proses tender atau lelang sudah didapatkan pemenangnya dan langsung dilakukan penggantian suku cadang tersebut. Muhlas mengatakan, dua sampai tiga minggu permasalahan yang disebabkan oleh gangguan pada mesin pompa di Sumber Wendit akan selesai. Sementara ini yang membuat proses penggantian suku cadang pada mesin pompa di Sumber Wendit lama yakni terletak pada proses tender atau lelang. 

"InsyaAllah karena itu hanya penggantian suku cadang saja. Ya sudah tidak akan lama waktunya, yang lama itu justru diproses tendernya itu," tuturnya. 

Lebih lanjut, terkait proses tender atau lelangnya sendiri saat ini sudah mulai ada pendaftar. "Dan kalau misalkan ini berjalan efektif ini akan bisa kita tentukan pemenangnya, sesuai dengan kualifikasi," pungkasnya.

Judul berita Mesin Pompa Masih Gangguan, Perumda Tugu Tirta Kota Malang: Mesin Harus Ganti, Ini Ada Prosedurnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Perumda Tugu Tirta Kota Malang Distribusi Air Bersih

Berita Lainnya