Ajaib, Kebelet BAB Dapat Diatasi dengan Genggam atau Kantongi Batu | Jatim TIMES

Ajaib, Kebelet BAB Dapat Diatasi dengan Genggam atau Kantongi Batu

Sep 01, 2021 19:57
Ilustrasi, net
Ilustrasi, net

JATIMTIMES - Tiap orang rasanya pernah mengalami kejadian ini, kebelet buang air besar tapi posisi tidak memungkinkan. Misalnya, di tengah acara penting, dalam perjalanan atau jamban jauh dari jangkauan.

Di Tulungagung atau pada umumnya orang Jawa, biasanya jika kejadian seperti itu ada yang memberi saran untuk menggenggam atau mengantongi batu. 

Baca Juga : Kalut tidak Punya Laptop, Mahasiswa di Malang Mau Terjun dari Jembatan

 

"Ternyata memang benar, mules saya hilang," kata M. Hadi saat bercerita tentang mitos ini di salah satu warung kopi. 

Namun, bagi Hadi hal itu bukan sekedar mitos. Pasalnya, dia sering bercerita pada teman dan ternyata kebanyakan punya pengalaman yang sama. "Faktanya memang demikian, banyak yang mengaku berhasil dengan cara ini," ungkapnya, Rabu (1/9/2021). 

Secara ilmu kedokteran atau medis, soal ini belum memiliki penjelasan ilmiah. Namun, dari satu sumber atau penjelasan ilmiah dan masuk akal kenapa mengantongi batu bikin sakit perutmu lenyap. 

Melansir dari uraian Bintang.com yang disebut bersumber dari howhaw.com, setidaknya mencegah kebelet buang air besar dengan mengantongi batu ada dua hal yang disampaikan. 

1. Mengalihkan perhatian

Setiap orang butuh alih perhatian untuk terlepas dari suatu rasa. Misalnya, lapar. Kalau diam saja, lapar akan semakin terasa melilit perut. Tapi kalau main media sosial, tidak terasa laparnya. Begitu juga bila terasa ingin buang air besar. Cari batu yang paling keren, secara tidak sadar kita lupa kalau sedang mules.

Baca Juga : Kota Batu Bisa Menggelar PTM, Dengan Ketentuan Ini

 

2. Melatih kekuatan berpikir

Mungkin mengalihkan konsentrasi hanya terjadi beberapa saat, tapi jika terus menerus dilakukan maka kamu bakal terbebas dari sakit perut. Kamu bisa mengorganisir kapan kamu kebelet. 

Gak percaya? Coba bikin jadwal buang air besar yang pasti dengan menggenggam atau mengantongi batu. Dijamin kamu tidak bakal 'pup' di luar jadwal. 

Dari penjelasan ini, ternyata masuk akal saat kebelet buang air besar ternyata memang dapat di atasi dengan menggenggam atau mengantongi batu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
serba serbi tulungagung

Berita Lainnya