Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Wujudkan Blitar Lebih Maju dan Sejahtera, Bupati Rini Gandeng Unisba

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

24 - Aug - 2021, 20:42

Placeholder
Rektor Unisba Blitar Soebiantoro (paling kanan) berdialog dengan Bupati Blitar Rini Syarifah dan Sekda Izul M.(Foto : Istimewa/Pemkab Blitar)

BLITARTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar memperkuat kerja sama dengan dunia pendidikan. Salah satunya dengan Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar yang merupakan perguruan tinggi terbesar di Blitar.

Koordinasi antara Pemkab Blitar dengan Unisba dilaksanakan pada Selasa (24/8/2021) di Pendapa Agung Ronggo Hadi Negoro (RHN). Dalam koordinasi ini, Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Izul Marom dan beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait membahas program kerja sama dengan Rektor Unisba Blitar Soebiantoro dan Wakil Rektor III Bidang Kerja Sama Kewirausahaan dan Kemahasiswaan Dr Supriyono.

Baca Juga : Masa Pandemi, Unisba Blitar Gelar Pembekalan KKN 2021 Secara Daring

“Koordinasi dengan Unisba menindaklanjuti program yang selaras dengan Panca Bhakti Mak Rini dan Makde Rahmat. Di antaranya bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata dan UMKM,” kata Bupati Blitar Rini Syarifah.

Bupati yang akrab disapa Mak Rini menambahkan, pembangunan di Kabupaten Blitar membutuhkan peran serta perguruan tinggi. Dalam hal ini, dia menilai meningkatkan potensi sumber daya guna mendukung keberhasilan pembangunan maupun dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi harus dilakukan secara masif. 

"Jadi, kerja sama ini nantinya untuk mendukung rencana pembangunan wilayah Kabupaten Blitar. Baik dalam pembangunan fisik maupun dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia," imbuhnya.

Mak Rini menambahkan, di masa pandemi covid-19 ini perguruan tinggi memiliki tanggung jawab untuk tetap mencerdaskan masyarakat. Dalam kesempatan ini, rektor Unisba menyampaikan  saat ini Unisba Blitar akan melaksanakan KKN di masing-masing daerah tempat tinggal mahasiswa. Selain itu, Unisba sesuai dengan arahan dari pemerintah juga melaksanakan kegiatan perkuliahan secara berani. 

"Kami mendapatkan informasi jika sebanyak 65 persen mahasiswa Unisba asli dari Kabupaten Blitar. Dan mereka ini kreatif dan inovatif dengan program mereka yang sudah berusaha membangun Blitar dari segala sisi. Selain di bidang pendidikan, mahasiswa ini juga ikut serta dalam pembangunan potensi Blitar Raya," jlentrehnya.  

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan Setda Pemkab Blitar Bambang Dwi Purwantomenambahkan, sesuai dengan arahan bupati, Pemkab Blitar akan meningkatkan SDM mahasiswa Unisba untuk bergabung dengan beberapa program.

"Jadi, mahasiswa Unisba akan ikut bergabung dengan beberapa program yang diinisiasi oleh Ibu Bupati. Salah satunya pintu gerbangnya Save Blitar terkait dengan covid-19. Ibu Bupati juga akan menggandeng mahasiswa untuk kampanye HIV. Ibu Bupati melihat banyak kasus yang perlu edukasi dan kampanye melibatkan mahasiswa Unisba,” imbuhnya.  

Lebih dalam Bambang menyampaikan, selain memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat, Pemkab Blitar berharap mahasiswa Unisba nantinya dapat menjadi relawan untuk kegiatan vaksinasi.

Baca Juga : Bupati Maryoto Instruksikan Pasien Isoman agar Masuk Isoter

“Kami akan mengajak mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat. Selain kampanye HIV, juga kami akan mengajak mahasiswa menjadi relawan vaksinasi covid-19 dengan memberikan edukasi dan sosialisasi,” pungkasnya.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy