Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Hingga Agustus, Vaksinasi Kabupaten Malang Baru Capai 14 Persen

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Pipit Anggraeni

16 - Aug - 2021, 19:54

Placeholder
Salah satu kegiatan serbuan vaksinasi yang dilakukan di Desa Sumberbening Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang masih terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi. Tentu hal itu juga sebagai upaya agar Indonesia bisa segera mencapai herd immunity. Berdasarkan laporan yang diterima Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang, saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Malang baru 14 persen.

Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi mengatakan bahwa untuk target vaksinasi di Kabupaten Malang untuk bisa mencapai Herd Immunity adalah 70 persen. Hal tersebut ia sampaikan saat ditemui di ruang kerjanya pada Senin (16/8/2021). 

Baca Juga : Perkecil Peluang Persebaran Covid-19, Kelurahan Lirboyo Aktif Lakukan 3T

"Itu laporan minggu lalu ya. Belum terhitung yang sejak saat itu dilakukan setiap hari hingga hari ini. Ya mudah-mudahan bisa ada penambahan prosentase pada capaian vaksinasi pada minggu ini," ujar Darmadi. 

Untuk itu, Darmadi mengaku legislatif dan eksekutif akan berupaya optimal untuk segera dapat mencapai target tersebut. Bahkan ia menegaskan akan ngebut, agar ada pertambahan yang signifikan pada bulan ini dan bulan depan.

"Ya mudah-mudahan ada pertambahan prosentase. Jadi memang khususnya bulan ini dan bulan depan, kami akan menggeber untuk kegiatan vaksinasi," imbuh dia. 

Menurutnya, selain terbatasnya stok ketersediaan vaksin, hal lain yang menjadi kendala adalah minimnya jumlah tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Malang yang diberi amanah untuk menjadi petugas vaksinator. Dimana menurutnya, petugas vaksinator memang harus dibagi untuk dapat melakukan vaksinasi dalam 1 kecamatan.

"Karena nakesnya memang terbatas. Jadi harus gantian. Kalau setiap kecamatan dipaksakan melaksanakan, maka kemungkinan hanya akan ada 1 titik saja setiap kecamatan. Bahkan juga tidak jarang harus memanggil nakes dari tetangga kecamatan," pungkas Darmadi.

Baca Juga : Walikota Kediri: Pramuka Berbakti Tanpa Henti di Masa Pandemi Covid-19

Sementara itu sebelumnya, Wakil Bupati (Wabup) Malang, Didik Gatot Subroto optimjs bahwa sebanyak 2 juta warga Kabupaten Malang bakal rampung divaksinasi hingga akhir tahun 2021 ini. Sebab saat ini menurutnya, sudah disiapkan 161 kelompok tenaga kesehatan (nakes) yang siap melakukan vaksinasi.

Namun Didik mengatakan bahwa saat ini masih ada kendala yakni ketersediaan stok vaksin. Sedangkan dirinya hanya optimis bahwa target 2 juta warga dapat divaksin jika ketersediaan vaksin untuk Kabupaten Malang dapat dipasok dengan lancar. 

Sementara itu, dalam 1 hari per kecamatan ditarget bisa melakukan vaksinasi sebanyak 500 orang. Dan jika diakumulasi, maka dalam 1 bulan akan ada 15 ribu orang yang divaksin. Menurut Didik, jika target tersebut dapat dipenuhi, maka target 2 juta vaksinasi dapat tercapai.


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Pipit Anggraeni