Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Update Covid-19 Kota Batu, Pasien Konfirm Kembali Merangkak Tinggi

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

24 - Jul - 2021, 21:41

Placeholder
Update situasi Kota Batu.

BATUTIMES - Perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat tersisa satu hari, namun pasien konfirm positif Kota Batu terpantau tinggi pada Sabtu (24/7/2021). Tercatat ada tambahan 39 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batu.

Padahal sebelumnya penurunan angka konfirmasi Covid-19 cukup signifikan. Sayangnya ada peningkatan kembali pada dua hari terakhir. Dengan jumlah terbanyak pasien yang dirawat dari Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu sejumlah 34 orang.

Baca Juga : BPJS Ketenagakerjaan Dorong Perusahaan Tertib Kepesertaan untuk Pastikan BSU Tepat Sasaran

Disusul 25 orang menjalani perawatan dari Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji. Dan 24 pasien dirawat daru Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo. “Ada tambahan 39 pasien terkonfirmasi positi, jadi total kumulatifnya per hari ini sudah 2.248 orang,” kata juru bicara Satgas Covid-19 Kota Batu, Onny Ardianto.

Untuk tambahan pasien Covid-19 yang sembuh ada 6 orang, sehingga jumlah kumulatifnya menjadi 1.765 orang. Dengan tambahan kasus kematian ada dua orang, jadi jumlah kumulatifnya mencapai 173 orang. “Pasien yang aktif dengan bertambahnya 39 orang jadi keseluruhan ada 279 orang,” imbuhnya.

Dengan keterisian shelter isolasi ada 93 orang dari 168 bed yang tersedia di YPPI Kota Batu. Sementara untuk Bed occupancy ratio (BOR) tempat tidur isolasi 99,31 persen dan ICU 100 persen rumah sakit rujukan di Kota Batu. Yang tersebar empat rumah sakit (RS) rujukan perawatan. Yakni RS Karsa Husada, RS Bhayangkara, RS Baptis, dan RS dr Etty Asharto.

Rincianya ada 12 tempat tidur untuk ICU. Sedangkan tempat tidur isolasi ada 126 unit menyisakan satu tempat tidur di rumah sakir rujukan di Kota Batu.

Menurut Ony kasus baru itu sebagian besar berasal dari kontak erat keluarga pasien konfirm. Sedangkan jika ditinjau dari 14 indikator bersatu lawan covid-19, kondisi Kota Batu pada Minggu ini masih berada dengan skor 1,74 masuk pada zona merah atau risiko tinggi.

Baca Juga : Nekat, Pengusaha Muda Ini Buka Usaha Baru di Tengah Pandemi Covid-19

“Demikian pula dengan indikator ketersediaan layanan kesehatan pasien Covid-19 juga zona merah,” tutup pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu ini.

Sementara itu ia menghimbau kepada warga Kota Batu untuk mematuhi protokol Kesehatan dengan 6M. Yakni dengan memakasi masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga Kesehatan, menghindari kerumunan.


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya