3 Makanan yang Ditakuti Jin dan Dapat Mengobati Sihir, Daun Bidara Salah Satunya | Jatim TIMES

3 Makanan yang Ditakuti Jin dan Dapat Mengobati Sihir, Daun Bidara Salah Satunya

Jul 20, 2021 09:08
Ilustrasi (Foto: Amino Apps)
Ilustrasi (Foto: Amino Apps)

INDONESIATIMES - Sihir merupakan golongan ilmu hitam. Meski tak tampak, namun banyak yang percaya bahwa sihir bisa mengganggu kehidupan manusia. 

Tak banyak yang tahu, untuk mengusir sihir ternyata bisa mengandalkan makanan. Secara harfiah, sihir berarti sesuatu yang halus dan tersembunyi. 

Baca Juga : Cara Memasak Daging Kambing Kurban agar Empuk dan Tak Bau Prengus

Sihir juga dipercaya sebagai alat untuk mencelakai orang lain. Pelaku praktek sihir pun menggunakan metode dan media yang berbeda-beda sesuai dengan maksud dan sasaran sihir itu sendiri. 

Biasanya, orang yang terkena sihir memiliki beberapa keluhan kesehatan namun tidak terdeteksi secara medis. Meski tak terlihat, tapi sihir dipercaya bisa membuat orang menjadi sakit bahkan terkena gangguan mental. 

Segala jenis sihir termasuk dalam perbuatan syirik yang dilarang oleh Allah SWT. Seperti diketahui, mang sudah ada sejak zaman Nabi. 

Bahkan beberapa obat penawarnya pun tercatat dalam Alquran dan hadis. Selain doa, ada beberapa jenis makanan yang ditakuti jin dan menjadi penawar, pencegah sihir seperti santet atau pun pelet.

Melansir melalui berbagai sumber, berikut beberapa makanan yang bisa mengobati sihir dan ditakuti oleh setan:

1. Kurma Ajwa

Diriwayatkan dalam hadis, kurma Ajwa bisa mencegah dan mengobati sihir, bahkan kurma ini kesukaan Nabi Muhammad SAW ini juga ditakuti jin.

Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadiaaaaaaaas dari Sahabat Sa'ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Muhammad SAW beliau pernah bersabda: "Barangsiapa mengkonsumsi 7 butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir" (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Al-Hafiz Ibnu Hajar al Asqolani mengutip perkataan Imam Al-Khotobi tentang keistimewaan kurma ajwa yakni kurma ini dapt mencegah dan mengobati sihir karena didoakan oleh Rasulullah SAW.

"Kurma ajwa bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan doa keberkahan dari Rasulullah SAW terhadap Kurma madinah bukan karena zat kurma itu sendiri" (Fathul bari syarah al-bukhari oleh Al Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqolany X/239).

2. Daun Bidara

Baca Juga : Perjuangan 3 Anak di Kota Malang: Berjuang Isoman Tanpa Kedua Orang Tua

Daun bidara atau yang populer dengan sebutan daun widara berasal dari tanaman berukuran kecil yang banyak tumbuh di daerah kering atau gurun. Tanaman dengan nama latin Ziziphus mauritiana ini juga dipercaya dapat dijadikan obat penawar sihir.

Bidara berasal dari kata sidrah yang artinya pohon bidara. Ibnu katsir menafsirkan Surat Albaqoroh ayat 102 yang berkaitan fitnah syaitan terhadap Nabi Sulaiman, diriwayatkan untuk menghilangkan pengaruh sihir adalah dengan menggunakan apa yang diturunkan Allah SWT kepada Rasulnya, dan untuk menghilangkan hal itu dengan membaca Al-Muawwidzatain yakni 2 surat pelindung (Al-falaq dan An Naas) serta ayat kursi karena ayat-ayat ini dapat mengusir setan.

Selain membaca doa, Imam Al Qurtubi mengatakan, hendaknya diambil 7 helai daun bidara ditumbuk halus lalu dicampurkan air kemudian dibacakan ayat kursi lalu diminum kepada orang yang terkena sihir 3 kali teguk dan sisa airnya digunakan untuk mandi.

Selain itu, daun bidara juga banyak diolah menjadi bahan makanan seperti teh, campuran jamu atau diolah sebagai sayuran. Kandungan antioksidan seperti alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin membuat daun bidara memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun memang dikenal memiliki sederet manfaat. Zaitun bahkan tercatat dalam Alquran dan disebut sebagai tanaman yang diberkahi. 

Rasulullah SAW bersabda:

"Makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi, berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi" (HR. Ahmad dan Tirmidzi, dishaihkan oleh Syaijh Albani).

Dalam hadits tersebut dijelaskann bahwa minyak zaitun bisa digunakan untuk mengolesi bagian tubuh yang dibutuhkan pada orang yang terkena sihir. Tentu sambil mengoleskan minyak zaitun harus diiringi doa dan keyakinan penuh bahwa segala kesembuhan datangnya dari Allah SWT.

Topik
Allah SWT sihir kurma ajwa daun bidara Minyak Zaitun

Berita Lainnya