Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

dr Tirta Bagikan Tips Sembuhkan Anosmia pada Penderita Covid-19

Penulis : Desi Kris - Editor : A Yahya

19 - Jul - 2021, 11:13

Placeholder
dr Tirta (Foto: detik.com)

INDONESIATIMES - Relawan medis Covid-19, dr Tirta Mandira Hudhi membagikan tips bagaimana menyembuhkan anosmia. Anosmia sendiri merupakan salah satu gejala dari seseorang yang terpapar Covid-19.

Anosmia atau kehilangan indra penciuman terkadang tak kunjung pulih meski penderita sudah tak merasakan demam atau pun batuk setelah menjalani isolasi lebih dari 10 hari. 

Baca Juga : Langgar Jam Malam, Puluhan Orang Dites Swab Antigen, 2 Positif Covid-19

"Cara menyembuhkan anosmia secara logis adalah kita menambahkan banyak zat-zat pembangun tubuh. Apa saja zat pembangun sel tubuh, yaitu protein. Nutrisi yang mencukupi itu akan membuat protein kita cukup," ujar Tirta melalui diskusi yang digelar secara daring, Sabtu (17/7/2021) lalu. 

Tentunya, penderita Covid-19 juga harus memenuhi kebutuhan vitamin di dalam tubuh.  Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada itu, itu juga mengatakan kebutuhan vitamin tak hanya dipenuhi dari suplemen tetapi juga bisa dari buah-buahan dan sayur. 

Satu hal lainnya yang juga harus dilakukan untuk menyembuhkan anosmia yakni dengan beristirahat total. "Kenapa anosmia itu tidak sembuh-sembuh? Karena banyak orang ngomongnya isoman (isolasi mandiri), tetapi dia masih aktif, masih mengerjakan sesuatu, masih nongkrong garap kerjaan. Itu akan menghalang-halangi energi kita untuk penyembuhan," kata Tirta. 

Baca Juga : The Kalindra Progres Groundbreaking, Lihat Lokasinya

Lebih lanjut, Tirta mengatakan antibodi manusia menghabiskan energi yang besar saat sedang melawan penyakit di dalam tubuh. Jika masih melakukan aktivitas berat, maka penderita Covid-19 akan merasa makin lemas. Itulah pentingnya, kata Tirta, kenapa penderita Covid-19 harus bed rest.


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

A Yahya