Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Perayaan Idul Adha 2021, Begini Pesan Gus Ab Ketua DMI Kota Kediri 

Penulis : Bambang Setioko Kediri TIMES - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

17 - Jul - 2021, 15:53

Placeholder
Dari kiri ke kanan, Dandim 0809 Kediri Letkol Inf Ruly Eko Suryawan, Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi, S.I.K., M.H. Ketua DMI Kota Kediri KH. Abu Bakar Abdul Jalil. (Foto: Ist)

KEDIRITIMES - Pada bulan Juli ini umat muslim di dunia termasuk Kota Kediri akan merakayan Hari Raya Idul Adha. Menjadi sebuah dilema, ketika pelaksanaannya ketika kasus Covid-19 sedang melonjak naik. 

Menyikapi hal tersebut, Abu Bakar Abdul Jalil, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Kediri, meminta seluruh masyarakat Kota Kediri supaya dapat merayakannya di rumah saja.

Baca Juga : Bupati Jember Lepas Pendistribusian Bansos PPKM Darurat Polres Jember

"Bilamana dalam pelaksanaanya berpotensi menimbulkan kerumunan lebih baik merayakannya di rumah saja, pelaksanaanya tetap, tapi jangan bergerombol," terang pria yang akran disapa Gus Ab ini, Sabtu (17/7).

Gus Ab juga mengatakan bahwa kegiatan penyembelihan di masjid atau musala tetap diperbolehkan selain penyembelihan yang dilaksanakan di rumah potong hewan, Kota Kediri.

"Silahkan penyembelihan tetap bisa dilakukan di masjid atau musala, karena jika semua di RPH juga tidak mungkin, tapi yang menjadi catatan jangan sampai ada kerumunan, jadi petugas penyembelihan ini harus dibatasi," pesannya.

"Untuk masjid yang punya halaman luas tetap bisa dilaksanakan di masjid, tetapi supaya dilaksanakan di tanggal tasrek (hari ke-2, ke-3, dan ke-4 Idul Adha) dan tidak dilaksanakan di hari pertama Idul Qurban," imbuhnya.

Sementara itu, pihaknya bersama Polres Kediri Kota juga telah berkoordinasi, memberikan fasilitasi rapid antigen bagi para petugas penyembelih hewan kurban.

"Polres melalui RS. Bhayangkara nanti akan memberikan fasilitasi rapid antigen bagi penyembelih hewan kurban dan yang terlibat dalam kegiatan tersebut," terang Gus Ab.

"Insyaallah nanti Babinsa serta Babinkamtibmas juga siap membantu proses penyembelihan hingga proses pendistribusiannya daging kurban tersebut," imbuhnya.

Selain itu pengamanan selama jalannya Idul Adha juga akan dilakukan di sejumlah titik-titik tertentu di mana kiranya hewan kurban yang disembelih banyak.

Baca Juga : Bersama Forkopimda, Kapolres Kediri Kota Cek Vaksinasi Masal

"Misalnya di satu masjid, menyembelih sapi 6 kambing 10 atau lebih, maka titik-titik seperti itu yang akan kita amankan," tandasnya.

Pihaknya berpesan kepada seluruh takmir masjid dan musala di Kota Kediri supaya penerapan protokol kesehatan selama beraktivitas terkait Idul Adha harus benar-benar dilaksanakan dengan baik.

"Kami sudah menyosialisikan kepada para takmir di Kota Kediri supaya dapat memperketat protokol kesehatan selama jalannya perayaan Idul Adha utamanya saat penyembelihan yang dilakukan di masjid," ungkap Gus Ab.

Sedangkan, untuk pelaksanaan salat Idul Adha, Gus Ab menyampaikan bahwa salat bisa dilaksanakan di rumah masing-masing.

"Di tengah situasi yang tidak memungkinkan ini, apalagi jika dalam satu RT ada yang terkonfirmasi positif, lebih baik salat dilaksanakan di rumah saja bersama keluarga," pungkasnya.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bambang Setioko Kediri TIMES

Editor

Sri Kurnia Mahiruni