Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

PPKM Darurat, Tugu Tirta Terus Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

13 - Jul - 2021, 14:15

Placeholder
Poster informasi layanan yang diberikan oleh Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. (Foto: Perumda Tugu Tirta)

MALANGTIMES - Dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Wilayah Jawa dan Bali yang digelar pada tanggal 3 Juli sampai 20 Juli 2021, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta Kota Malang terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat. 

Pjs (Penjabat Sementara) Manajer Perawatan Perumda Air Minum Tugu Tirta Sutjibto SKom mengatakan bahwa dalam penerapan PPKM Darurat, Perumda Air Minum Tugu Tirta memberlakukan aturan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO) dengan maksimal kapasitas 25 persen. 

Baca Juga : Pemkab Lumajang Siapkan 10 Ribu Paket Beras Untuk Warga Terdampak PPKM

Meskipun begitu, Sutjibto memastikan bahwa petugas dari Perumda Air Minum Tugu Tirta dapat dipastikan akan on call jika terdapat kendala maupun keluhan dari masyarakat yang berkaitan dengan Perumda Air Minum Tugu Tirta. 

"Kami berlakukan sistem shift harian dan piket personel di hari libur. Jadi ada pembagian regu yang bertugas di masing-masing wilayah kerja," ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima MalangTIMES.com, Selasa (13/7/2021). 

Dengan diberlakukannya sistem pembagian kerja pegawai tersebut, maka jika terdapat work order atas pengaduam pelayanan yang masuk, petugas akan langsung meluncur ke lokasi. Terlebih lagi untuk layanan buka sambungan rumah pelanggan juga tetap akan dilayani oleh petugas. 

"Tentu saja dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan di masa PPKM. Kami memastikan seluruh personel menggunakan APD dan protokol kesehatan. Taat berkoordinasi dengan RT/RW setempat jika diperlukan," terang pria yang akrab disapa Tjibto ini. 

Koordinasi dilakukan dengan jajaran RT/RW, jika wilayah tugas berada dalam kawasan zona rawan penyebaran Covid-19 ataupun hal-hal lain yang memerlukan koordinasi lebih lanjut dengan jajaran pimpinan wilayah tersebut. 

Tjibto menuturkan bahwa selama penerapan PPKM Darurat di Kota Malang, permasalahan terkait tingkat kebocoran non instalasi dalam rumah terbilang sangat minim dan dapat dikatakan jarang terjadi. 

"Bisa dibilang jumlahnya sedikit sekali. Itu pun karena adanya aksesoris lama yang pecah atau sudah saatnya diganti," tuturnya. 

Dengan komitmen yang sudah dibangun, tidak ada istilah libur atau waktu untuk berleha-leha bagi jajaran Perumda Air Minum Tugu Tirta. Dalam mencapai target fast response percepatan perbaikan, pihaknya menekankan bahwa penanganan dari Perumda Air Minum Tugu Tirta bakal dilakukan sesegera mungkin begitu petugas menerima laporan.

Baca Juga : Tokoh NU Sesalkan Pemkot Tolak Pemakaman Arek Suroboyo dengan Alasan KTP Luar

"Bukan hanya fast response dalam pelayanan, Perumda Air Minum Tugu Tirta juga memastikan kualitas air minum yang didistribusikan kepada pelanggan adalah yang memenuhi syarat kesehatan," tegasnya. 

Maka dari itu, masyarakat pun bisa menjalankan kehidupan di masa PPKM Darurat dengan jaminan air yang mengalir bersih, sehat, aman dan baik untuk dikonsumsi. 

Sementara itu, Manajer Produksi Perumda Air Minum Tugu Tirta melalui Asisten Manajer Pengendalian Kualitas Air dan Air Baku Djaka Setyanta ST mengatakan bahwa pihaknya selalu melakukan pengawasan secara rutin. 

"Kami tetap melakukan pengawasan rutin, mulai dari analisa kualitas air di laboratorium hingga monitoring suplai air baku dan chlorinasi di lapangan," ujarnya. 

Untuk sampling pengujian dan pengawasan kualitas air di Perumda Air Minum Tugu Tirta dilakukan sebagaimana yang disyaratkan oleh Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor: 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.
 
Lebih lanjut, bagian produksi juga secara terjadwal melakukan tindakan pengendalian kualitas air dengan melakukan pengukuran kualitas di layanan. Terutama pada critical point titik terjauh pelanggan untuk memastikan kandungan pH, suhu, tingkat kekeruhan dan sisa chlor atau setelah dilakukan flushing karena dampak adanya operasional di jaringan pipa.

"Kami berupaya mengoptimalkan pelayanan prima dengan menjamin kualitas air minum yang terdistribusi kepada pelanggan. Jika ada keluhan kualitas air, petugas kami selalu siap on call di nomor 0816550800 dan 081132247380. Pelanggan juga bisa langsung melapor ke seluruh akses pengaduan, media sosial resmi kami dan pelayanan publik Perumda Air Minum Tugu Tirta," pungkasnya.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni