27/01/2023 Jalankan Tugas Tangani  Covid-19, Ini Tips Relawan FRPB Jaga Kesehatan | Jatim TIMES

Jalankan Tugas Tangani Covid-19, Ini Tips Relawan FRPB Jaga Kesehatan

Jun 25, 2021 20:31
Sejumlah relawan bersama satgas covid-19 saat melaksanakan pemakaman dengan protokol covid-19. (Foto:Ist/Jatimtimes.com)
Sejumlah relawan bersama satgas covid-19 saat melaksanakan pemakaman dengan protokol covid-19. (Foto:Ist/Jatimtimes.com)

Pewarta: khairul rozi | Editor: Yunan Helmy

PAMEKASANTIMES - Bertahan dari intaian virus di tengah pandemi covid-19 tidaklah mudah. Terlebih bagi mereka yang mengabdikan dirinya untuk membantu di garda terdepan.

Seperti halnya para relawan yang tergabung dalam Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) dalam memerangi pandemi covid-19 di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Pengorbanan mereka tidak bisa dipandang sebelah mata.

Baca Juga : Bangun Posyandu Jiwa di 6 Puskesmas, Pemkot Kediri Tangani ODGJ

Mereka bagaikan pasukan berani mati. Tanpa mengharapkan sesuatu, para relawan ini ikut membendung lonjakan wabah yang sudah banyak memakan korban, khususnya di Pamekasan.

Tingginya risiko yang dihadapi para relawan FRPB tidak membuat semangatnya jadi surut. Mereka justru tetap melaksanakan tugas, mulai dari program disinfeksi lingkungan dan permukiman, terlibat dalam proses penyekatan, hingga penjemputan pasien covid-19 bersama Satgas Covid-19 Pamekasan.

Mereka bergerak setelah melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 dan Dinas Kesehatan Pamekasan melalui surat tugas resmi.

Ketua Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Budi Cahyono membagikan tips untuk selalu menjaga kesehatan selama menjadi relawan covid-19. Pertama, seorang relawan menggunakan alat pelindung diri (APD). Itu merupakan hal yang wajib saat melaksanakan tugas di lapangan, baik saat menjemput pasien covid-19 hingga melaksanakan tugas penguburan.

"Karena penggunaan APD yang bisa menutupi seluruh anggota tubuh dapat menghilangkan risiko penularan virus," katanya, Jumat (25/06/2021)

Yang kedua, menggunakan masker standar medis dalam setiap aktivitas. Hal itu dapat mencegah orang yang terinveksi menularkan virus melalui percikan dari saluran pernapasan.

Baca Juga : Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemkab Blitar Gencarkan Vaksinasi

"Karena itu, dalam setiap penjemputan, tim FRPB selalu dibekali fasilitas khusus seperti hazmat, masker standar medis, serta atribut lainnya juga," tambahnya.

Yang ketiga, menjaga kesehatan dengan mencukupi makanan yang bergizi dan bernutrisi sehingga  dapat menjaga kekebalan tubuh.

Yang terakhir, istirahat yang cukup juga tidak kalah penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Paling tidak tidur 5–6 jam setiap harinya.

"Tentunya, menerapkapkan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah dalam kehidupan sehari-hari wajib kita terapkan," tutupnya.

Judul berita Jalankan Tugas Tangani Covid-19, Ini Tips Relawan FRPB Jaga Kesehatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Relawan penanganan covid Berita Pamekasan

Berita Lainnya