Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

DPRD Minta DLH Serius Perluas Ruang Terbuka Hijau di Lumajang

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : A Yahya

10 - Jun - 2021, 18:25

Placeholder
H. Akmat ST, Wakil Ketua DPRD Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)

LUMAJANGTIMES - Wakil Ketua DPRD Lumajang H. Akhmat meminta agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lumajang lebih serius menambah ruang terbuka hijau di Lumajang. 

Kepada sejumlah wartawan pada hari ini, Kamis (9/6), H. Akhmat menilai selama ini tidak banyak hasil peningkatan ruang terbuka hijau, khususnya didalam kota.

Baca Juga : Leptospirosis Menyerang, Warga Bondowoso Diimbau Jaga Kebersihan

Oleh karenanya harus ada kerja yang keras dan serius untuk mewujukan ruang terbuka hijau tersebut.

"Saya menilai selama ini DLH kurang serius untuk menambah luasan ruang terbuka hijau. Namanya Dinas Lingkungan Hidup, maka usahanya harus bisa menciptakan lingkungan hidup yang sehat bagi masyarakat," kata H. Akhmat, yang juga Ketua DPC PPP Lumajang.

Menurut politisi PPP ini, rendahnya ruang terbuka hijau di Lumajang tidak berimbang dengan penambahan pemukiman yang terus berkembang belakangan ini.

"Banyak kawasan hijau kita yang berubah menjadi perumahan. Sementara para pengembang perumahan seharusnya juga diawasi komitmennya untuk menyediakan ruang terbuka hijau. Ini harus diawasi dengan baik oleh DLH," kata H. Akhmat ST kemudian.

H. Akhmat juga berharap agar DLH bekerjasama dengan pihak swasta untuk menambah ruang terbuka hijau di Lumajang. Misalnya di sepanjang Kali Asem yang ada di Lumajang, seharusnya juga dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau.

Baca Juga : Alami Kerusakan Pedal Gas, Truk Tabrak Tiang Listrik

"Kurangi saja program yang bersifat lomba dan berakhir dengan acara seremonial semata, ayo tingkatkan kesejukan di Lumajang," ujarnya kemudian.

Sementara itu Kepala DLH Lumajang Ir. Yuli Haris mengatakan usaha untuk menambah luasan ruang terbuka terus dilakukan. Kemarin dalam Hari Lingkungan Hidup Sedunia, juga dilakukan penanaman ribuan bibit sirsak yang diharapkan menambah ruang terbuka hijau di Lumajang.

"Kemarin kita tanam 2 ribu bibit sirsak, kita terus bekerja untuk mewujudkan Lumajang yang hijau," kat Yuli Haris. 


Topik

Lingkungan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

A Yahya