Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Lumajang Resmikan Wisata Kali Sejuk | Jatim TIMES

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Lumajang Resmikan Wisata Kali Sejuk

Jun 08, 2021 11:57
Kawasan wisata Kali Sejuk Purwosono yang diresmikan Bupati Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Kawasan wisata Kali Sejuk Purwosono yang diresmikan Bupati Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

LUMAJANGTIMES - Bersamaan dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ke 74, Bupat Lumajang H. Thoriqul Haq didampingi Wakil Bupati Lumajang pada hari ini Selasa (8/6) melakukan penanaman ribuan penanaman bibit sirsak atau Nongko Londo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Ir. Yuli Haris, dalam kesempatan ini mengatakan, tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini mengambil tema Restorasi Ekosistem, yang diharapkan mampu membangkitkan kesadaran masyarakat untuk mengembali ekosistem yang baik melalui pelestarian lingkungan.

Baca Juga : Tunjukkan Tren Positif, Jumlah Wisatawan Tumpak Sewu Naik Drastis Pasca Ditutup!

"Kita menanam 2 ribu bibit sirsak atau nongko londo di dusun darungan, untuk mewujudkan dusun tematik dengan unggulan tanaman sirsak. Selain itu di kawasan Kali Sejuk ini kita menaman 300 bibit juwet di pinggiran Kali Sejuk," kata Ir. Yuli Haris.

Sementara itu Kepala Desa Purwosono Hendrik Martono, dalam kesempatan ini mengatakan, awalnya sungai di dusun Darungan ini adalah tempat untuk membuat sampah dan buang air besar dari warga setempat, namun sekarang berproses menjadi tempat pariwisata. 

"Sekarang ini sudah 13 warung dengan omset hampir 1 juta perhari, karena banyak orang yang datang kesini," kata Hendrik Martono.

Dalam sambutan peresmian Wisata Kali Sejuk Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq menyampaikan apresiasi yang laur biasa kepada usaha yang dilakukan oleh pemerintahan desa Purwosono, yang menjadikan kali yang semula kotor sampai kemudian menjadi tempat wisata.

"Ini kelak akan menjadi catatan bagi Pak Kades, karena dengan adanya warung-warung itu sama dengan memberi pekerjaan kepada orang lain. Yang hasilnya akan bisa digunakan untuk membayar biaya sekolah. Ini sungguh luar biasa," kata Bupati Lumajang.

Bupati Lumajang kemudian berharap agar kedepan tempat ini bisa menjadi tempat untuk berbagai event dari ulang tahun dan perkawinan.

Baca Juga : Pemkab Malang Kembangkan Potensi Wisata di Kepanjen

"Sekarang banyak pernikahan yang bertema lingkungan, tempat ini bisa menyediakan untuk acara pernikahan," kata Cak Thoriq.

Sementara Wabup Lumajang Ir. Indah Amperawati memberikan apresiasi kepada Kades dan masyarakat Purwosono yang telah menjadikan kawasan Kali Sejuk menjadi ruang terbuka hijau dan wisata.

Acara peresmian wisata Kali Sejuk ini ini ditandai dengan pelepasan burung sumbangan dari para penggemar burung di Lumajang. 

Topik
wisata kali sejuk Bupati Lumajang Thoriqul Haq Wabup Lumajang Ir. Indah Amperawati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Berita Lumajang hari Ini

Berita Lainnya