Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Indahnya Quba, Masjid Pertama yang Didirikan Rasulullah

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Dede Nana

16 - May - 2021, 08:18

Placeholder
Masjid Quba. (Foto: iStock).

INDONESIATIMES - Bagi kalian yang sudah pernah melakukan perjalanan ibadah haji atau umrah, tentu sudah tak asing lagi dengan masjidil haram dan masjid nabawi.

Kedua masjid ini menjadi destinasi wajib bagi mereka dalam menjalankan ibadah. Tapi, selain keduanya, ada satu masjid yang sangat indah. Yakni Quba, masjid pertama yang didirikan Rasullullah SAW dan juga disinggahinya. Dibangun, tepatnya pada 8 Rabiul Awal atau 23 September 622 Masehi.

Baca Juga : Masjid Badshahi yang Kemegahannya Sudah Terlihat dari Jarak 16 Km, Pernah jadi Pangkalan Militer

Dibalik cerita masjid ini, saat proses pembangunan, nabi juga terlibat. Ia membawa bahan-bahan bangunan, bahkan badannya dipenuhi debu dan pasir.

Seiring dengan perkembangannya, kini luas masjid Quba mencapai 5.860 meter persegi dan berdaya tampung hingga 20 ribu jemaah.

Adapun, fasilitas di masjid Quba ini memiliki 7 pintu masuk utama dan 12 pintu masuk tambahan. Kemudian, terdapat pula 4 menara, 56 kubah kecil berdiameter 6 meter, perpustakaan hingga pusat pemasaran.

Baca Juga : Mengganti Puasa Ramadan Tak Dianjurkan di Hari Jumat, Berikut Penjelasannya

Menurut salah satu riwayat, Rasulullah SAW rutin mengunjungi masjid Quba setiap hari Sabtu. Bahkan, selain dengan menunggangi kuda, terkadang ia berkunjung dengan berjalan kaki.


Topik

Serba Serbi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Dede Nana