Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Kisah Istri Rasul Sayyidah Aisyah binti Abu Bakar, Periwayat Hadis Terbanyak Ke-4

Penulis : Desi Kris - Editor : Dede Nana

12 - May - 2021, 20:20

Placeholder
Ilustrasi (Foto: iNews)

INDONESIATIMES - Sayyidah Aisyah binti Abu Bakar adalah istri dari Nabi Muhammad SAW yang memiliki kelebihan dibanding istri-istri lainnya. Bisa dikatakan Aisyah adalah istri Nabi yang paling cerdas dan sangat kuat ingatannya. 

Sehingga ia mampu menghafal banyak hal. Melansir melalui NU Online, kecerdasan Aisyah bahkan diklaim melebihi laki-laki di zamannya. 

Baca Juga : Siapakah Sosok Wanita Penyair yang Dipuji Rasulullah?

Tak heran jika ia dijadikan tempat bertanya para ulama terkemuka di kalangan sahabat Nabi. Sebelumnya Rasul pernah mengatakan bahwa sebaik-baiknya generasi ada pada generasi yang hidup bersama Nabi. 

Dari sekian banyak sahabat Rasul, beberapa di antaranya turut serta melestarikan dan meriwayatkan hadis Nabi Muhammad SAW. Meski jumlahnya tak sedikit, hanya ada 6 nama sahabat Nabi yang dinobatkan sebagai periwayat hadis terbanyak. 

Salah satunya yakni istri Nabi Muhammad SAW, Aisyah binti Abu Bakar. Bahkan, Aisyah menduduki urutan ke-4 setelah Abu Hurairah, Abdullah bin Umar bin al-Khattab, dan Anas bin Malik. 

Aisyah meriwayatkan hadis sebanyak 2.210. Hadisnya mengisahkan tentang kehidupan Nabi, rumah tangga, dan peran Nabi sebagai suami atau kepala keluarga secara terang-terangan.

Usia Aisyah juga terbilang masih muda di antara istri Rasul lainnya dan memiliki kemampuan menghafal yang kuat. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan dirinya bisa meriwayatkan hadis.

At-Tirmidzi meriwayatkan keutamaan Aisyah RA dari sahabat Abu Musa Al-Asy'ari yang mengatakan sebagai berikut: "Tidaklah terjadi sebuah problem (kemusykilan) di tengah Kami, sahabat Rasul, perihal sebuah hadis kecuali Kami menanyakannya kepada Aisyah dan Kami menemukan ilmu baru darinya."

Tak cuma itu, kealiman dari sosok Aisyah juga banyak diakui oleh sahabat Nabi maupun generasi Tabi'in. Abu Dhuha juga meriwayatkan dari Masruq mengatakan, "Aku melihat orang-orang tua di kalangan sahabat yang bertanya banyak hal kepada Sayyidah Aisyah RA."

Kemudian pengakuan mengenai kealiman Aisyah juga disampaikan Urwan bin Zubair, "Aku tidak pernah melihat perempuan yang lebih cerdas di bidang kedokteran, fiqih dan syair selain Aisyah."

Baca Juga : Kisah Umar bin Khattab: Awalnya Menantang Dakwah Nabi Muhammad, Justru Jadi Pahlawan Islam

Kecerdasan dan keluasan ilmu yang dimilikinya itu dinilai sebanding dengan kemampuannya dalam meriwayatkan banyak hadis.

"Tidak ada seorang pun yang melebihi periwayatan hadis Sayyidah Aisyah RA di kitab-kitab shahih selain dua orang yaitu Abu Hurairah RA dan Abdullah bin Umar RA." [Syekh M Ali As-Shabuni, 2015 M/1436 H: II/274-275]

Namun, kali waktu Aisyah pernah dilanda musibah atas beredarnya berita bohong yang menyebut  dirinya mendua dengan sosok bernama Shafwan bin Muaththal. Saat kabar perselingkuhan itu meluas, Nabi bahkan sempat ragu dan membuat Aisyah bimbang hingga sangat sedih.

Saking istimewanya Sayyidah Aisyah, Allah SWT sampai menurunkan surah Annur ayat 11-26 yang dikhususkan untuk membebaskan Aisyah dari haditsul ifki (berita bohong).

Dalam surah Annur tersebut dijelaskan kepada Rasul bahwa Aisyah merupakan perempuan suci yang tak pernah rela berselingkuh, sebagaimana tuduhan dari kaum munafik. Keistimewaan lain dari Aisyah adalah ia merupakan sosok istri yang paling dicintai Rasul. 

Meski demikian, Rasul tetap berlaku adil kepada semua istrinya. "Ya Allah, ini pembagian (giliran bermalam) yang aku mampu. Janganlah kau menyiksaku pada soal (kecenderungan hati) yang aku tidak mampu."


Topik

Serba Serbi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Dede Nana