Ini yang Dilakukan Warga RW 6 Kelurahan Kepuharjo Lepas dari Kampung Kumuh Menuju Kampung Resik | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Ini yang Dilakukan Warga RW 6 Kelurahan Kepuharjo Lepas dari Kampung Kumuh Menuju Kampung Resik

Apr 28, 2021 19:45
Bank Sampah Mawar (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)
Bank Sampah Mawar (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)

LUMAJANGTIMES - Lingkungan RW 6 Kelurahan Kepuharjo, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang menjadi salah satu wilayah paling kumuh selama 3 tahun berturut-turut. Sampai pada akhirnya warga berinisiatif untuk mengelola lingkungan agar lebih tertata.

Hasilnya, saat ini lingkungan RW 6 sangat berbeda jauh dengan kondisi sebelumnya. Saat ini linkgungan RW 6 di kelurahan ini menjadi Kampung Resik di Kabupaten Lumajang. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan pendirian Bank Sampah. "Bank Sampah Mawar bertransformasi menjadikan masyarakat peduli lingkungan dan lebih berdaya," jelas Sugiarti, ketua Bank Sampah Mawar RW 6 kepada LumajangaTIMES.

Lebih lanjut Sugiarti mengatakan jika Bank Sampah Mawar mengelola beberapa bidang seperti kerajinan  sampai budidaya jahe. "Warga semakin berdaya dengan berbagai produksi kerajinan hingga budidaya jahe," imbuh Sugiarti.

Saat ini, masih kata Sugiarti, RW 6 menjadi salah satu kampung percontohan dalam pengelolaan lingkungan. Apalagi RW 6 levelnya sudah setingkat provinsi setelah sebelumnya menyabet predikat juara 2 Lomba Kampung Resik se-Kabupaten Lumajang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Berita Lumajang Bank Sampah

Berita Lainnya