Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Terapkan Prokes Ketat, Warga Antusias Belanja di Pasar Murah Desa Pasirharjo

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

28 - Apr - 2021, 07:34

Placeholder
Operasi pasar murah di Desa Pasirharjo disambut baik masyarakat.(Foto: Ist/Pemdes Pasirharjo)

BLITARTIMES - Opersi pasar murah, yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar di Desa Pasirharjo, Kecamatan Talun, disambut sangat baik oleh masyarakat, Selasa (27/4/2021). Secara silih berganti masyarakat berdatangan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Desa Pasirharjo Chusana Churori mengatakan, kehadiran operasi pasar murah telah membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan pokok saat Ramadan.

Baca Juga : Polemik Pilkades, Ratusan Massa Geruduk Kantor Bupati Bangkalan

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pemkab Blitar yang telah memimilih desa kami sebagai salah satu lokasi pasar murah Ramadan. Di pasar murah ini, harga-harga kebutuhan pokok sangat murah. Dan sangat membantu sekali kebutuhan warga kami,” ungkap Chusana.

Dikatakan, jauh-jauh hari sebelum digelarnya pasar murah ini, pihaknya telah memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Salah satu sosialisasi yang disampaikan terkait dengan penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Kami sampaikan kepada warga kami. Silakan datang dan belanja di pasar murah. Silakan berbelanja asal jangan lupa terapkan protokol kesehatan,” tukasnya.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Blitar menggelar operasi pasar murah kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di masa bulan suci Ramadan 1442 Hijriah. Kegiatan dimulai pada 26 April dan berakhir 5 Mei 2021.

Operasi pasar digelar Pemkab Blitar dengan sistem kemitraan bekerja sama dengan Bulog, PT Rejoso Manisindo, Gapoktan, Koperasi Peternak, Bumdes, Alfamart, dan Indomaret.  Operasi pasar murah yang dinanti-nanti masyarakat ini juga didukung sejumlah OPD terkait. Di antaranya Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Operasi pasar murah akan digelar secara road show dimulai di halaman Kantor Kecamatan Wlingi, Desa Pasirharjo Kecamatan Talun, halaman Kecamatan Sutojayan, Kantor Kecamatan Wates dan, playground Alun-Alun Kanigoro. 

Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan, operasi pasar murah digelar secara protokol kesehatan. Keberadaan pasar murah ini untuk membantu masyarakat agar dapat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga : Polda Jatim Ringkus Tiga Tersangka Sindikat Curat Pecah Kaca Mobil

“Saya tahu, pasar murah ini sangat dinantikan kehadiranya oleh masyarakat. Oleh sebab itu di kegiatan ini benar-benar menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kami tugaskan Satgas Covid-19 baik di tingkat kabupaten, tingkat kecamatan hingga tingkat desa untuk melakukan pengawasan. Protokol kesehatan 5M wajib diterapkan di kegiatan pasar murah ini,” kata Rini.

Bupati menambahkan, selain membantu kebutuhan masyarakat di masa pandemi dan bulan Ramadan, operasi pasar murah ini juga bagian dari upaya pengendalian harga dan mencegah inflasi jelang Idul Fitri.

“Kami dari Pemkab Blitar terus memantau perkembangan harga-harga kebutuhan pokok. Kami mendorong agar bahan pangan dapat terpenuhi dan mendukung penyaluran sampai ke pasar. Kami menugaskan tim dari OPD terkait dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk terus melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap pemilik gudang agar tidak terjadi penimbunan barang,” tandasnya. 
 


Topik

Ekonomi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy