Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pemuda Lintas Agama Gelar Pertemuan Bagi Takjil dan Buka Bersama

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Dede Nana

25 - Apr - 2021, 20:44

Placeholder
Pembagian takjil pemuda lintas agama di depan kantor DPD LDII Kabupaten Banyuwangi (Nurhadi/BanyuwangiTimes)

BANYUWANGITIMES - Dalam upaya menumbuhkembangkan rasa persatuan kesatuan dan kebersamaan antar umat beragama, pemuda  lintas agama Kabupaten Banyuwangi bersama pemuda LDII menggelar pertemuan dengan tema  “Menguatkan Kebersamaan di Tengah Pandemi “, di kantor DPD LDII Kabupaten Banyuwangi, Minggu (25/4/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh perwakilan Gerakan Pemuda Ansor NU, Muhammadiyah, Pemuda Katolik, Al Irsyad, Hindu dan pemuda Budha serta Pemuda LDII  Banyuwangi  selaku tuan rumah.

Baca Juga : 2 Pos Antisipasi Mudik Lebaran 2021 Siap Didirikan Polresta Malang Kota

Agenda pertemuan diawali dengan doa bersama untuk kru kapal selam Nanggala 402 yang telah mengalami musibah. Kemudian dilanjutkan ucapan selamat datang dan sambutan Ketua DPD LDII Banyuwangi Astro Junaidi.

Menurut Astro, silaturahmi itu pada dasarnya merupakan ajaran dari semua agama, terutama agama Islam. Sehingga barangsiapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan dimudahkan rejekinya harus memperbanyak silaturahmi.

“Merajut persatuan dan kesatuan anak bangsa ditinjau dari sisi agama kalau melihat NKRI adalah kesepakatan bersama harus diikat betul dan jangan sampai ada yang mengobrak abrik. Sehingga harus dijaga dipelihara dan dipertahankan bersama. Semua agama mempunyai kontribusi kepada bangsa Indonesia sesuai dengan tri kerukunan beragama untuk membangun bangsa karena modal besar untuk membangun daerah juga, “jelas Astro.

Lebih lanjut pria kelahiran Jember itu menuturkan, pertemuan lintas agama yang digelar merupakan wadah untuk menumbuhkan kerukunan dan kebersamaan anak bangsa. Tidak usah membicarakan masalah agama, akan tetapi bagaimana berusaha untuk rukun dan bersama membangun urusan sosial.

Selanjutnya Dadang Hermanto, Ketua pemuda LDII Banyuwangi menambahkan, dengan adanya pertemuan pemuda lintas agama di Banyuwangi pihaknya berharap hubungan tali silaturahmi dengan baik dan harmonis akan menjadi kontribusi positif  kepada masyarakat bangsa dan negara, termasuk membangun Banyuwangi yang lebih baik lebih maju dan berkah.

Baca Juga : Progres PPKM Mikro Kabupaten Banyuwangi, Ini Hasilnya

Sebelum waktu berbuka puasa tiba, para peserta pertemuan pemuda lintas membagikan takjil untuk berbuka puasa Ramadan kepada warga yang melintas di depan kantor DPD LDII Banyuwangi dan anak-anak, remaja serta warga yang ada di sekitar.

Setelah pembagian takjil acara dilanjutkan dengan gesah atau diskusi untuk membahas rencana silaturahmi yang akan dilaksanakan di masa mendatang. Kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama dengan kurma es buah dan makanan nasi kotak yang sudah disiapkan.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Dede Nana