Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Membanggakan, Unikama Terpilih Sebagai Salah Satu Pelaksana Pendampingan Program SMK Pusat Keunggulan 2021 Kemendikbud

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Pipit Anggraeni

25 - Apr - 2021, 08:46

Placeholder
Unikama jadi salah satu perguruan tinggi yang Perguruan Tinggi sebagai Pelaksana Pendampingan Program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan Tahun 2021 (Ist)

MALANGTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) termasuk kedalam salah satu daftar Perguruan Tinggi sebagai Pelaksana Pendampingan Program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan Tahun 2021. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Humas Unikama, Retno Wulandari SE MSA. Melalui surat bernomor Nomor 21/D/O/2021 Tentang penetapan Perguruan Tinggi Sebagai Pelaksana Pendampingan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan tahun 2021.

Baca Juga : Sosok Janda yang Perkosa ABG di Probolinggo, Disebut Biduan Asal Tulungagung

Lebih lanjut dijelaskan, secara nasional, terdapat 156  perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ditunjuk Kemendikbud sebagai Pelaksana Pendampingan Program SMK Pusat Keunggulan Tahun 2021 ini. Dari jumlah 156 itu, ditingkatkan Jawa Timur, terdapat 19 perguruan tinggi negeri maupun swasta yang terpilih. Enam dari 19 perguruan tinggi tersebut berada di Kota Malang.

"Unikama jadi salah satu dari enam perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Malang yang terpilih," bebernya.

Usai terpilih yang diperkuat dengan terbitnya SK tersebut, Unikama diharapkan mampu mengemban tugas dengan baik. 
Sehingga dengan peran serta Unikama sebagai pelaksana pendamping, turut berkontribusi dalam pengembangan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi atau skill mumpuni pada bidangnya.

Unikama, salah satu Perguruan Tinggi yang terpilih sebagai Pelaksana Pendampingan Program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan Tahun 2021(Ist)

Sementara itu, Unikama bakal mengemban beberapa tugas yang diberikan. Tugas tersebut antara lain adalah melaksanakan koordinasi dengan unit pelaksana teknis Ditjen Pendidikan Vokasi, melakukan pendampingan pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan dan Implementasi Link and Match dengan dunia kerja.

Kemudian memfasilitasi atau pelatihan pelaksana In House Training kepada sekolah dan guru di SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan, serta pengawas sekolah, memfasilitasi implementasi pembelajaran berbasis komunitas kepada Kepala Sekolah dan guru di SMK pelaksana Program SMK Pusat keunggulan serta pengawas sekolah.

Selanjutnya mendampingi kepala sekolah di SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan dalam penyusunan perencanaan, pengelolaan, dan pengembangan SMK, melakukan pendampingan dalam penggunaan teknologi bagi kepala sekolah dan guru di SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan dan juga, dan terakhir melakukan penyusunan, pemantauan, evaluasi, dan pelaksana tindak lanjut tentang capaian pembelajaran di SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan.

Baca Juga : Selain Bangun Rumah Bagi Korban Gempa, Pemkab Malang Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

 

"Terpilihnya Unikama sebagai perguruan tinggi pelaksana pendampingan Program SMK Keunggulan ini menjadi prestasi yang membanggakan untuk Unikama, sehingga ini memacu Unikama untuk menjadi Kampus Unggulan sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan,"pungkasnya. 


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Pipit Anggraeni

Pendidikan

Artikel terkait di Pendidikan