Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pasar Takjil Kota Blitar Disambut Baik Masyarakat, Pemkot Siagakan Satpol PP

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

16 - Apr - 2021, 14:56

Placeholder
Pasar takjil di Jalan Ahmad Yani Kota Blitar mendapat sambutan baik dari masyarakat.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

BLITARTIMES - Pasar takjil yang digelar di Jalan Ahmad Yani mendapat sambutan sangat baik dari masyarakat. Ya, pasar takjil kembali digelar oleh Pemkot Blitar di Ramadan tahun ini setelah tahun lalu ditiadakan akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Sebagaimana diketahui, pasar takjil yang telah menjadi ikon Ramadan di Kota Blitar kembali digelar sejak Kamis (15/4/2021) kemarin. Meski hanya dibatasi 60 pedagang saja, namun antusias warga untuk menyerbu makanan dan minuman untuk berbuka puasa terlihat cukup tinggi di hari pertama.

Baca Juga : Tak Patuh Prokes saat Berjualan Takjil, Siap-Siap Didatangi Satgas Covid-19 Kota Malang

Pelaksanaan pasar takjil juga mendapat pengawalan ketat. Untuk mengantisipasi kerumunan, sejumlah personel Satuan Polisi Pamong Praja Kota Blitar disiagakan di lokasi. Mereka berjaga di pusat takjil bersama dengan Satgas Penanganan Covid-19, TNI dan Polri.

"Kami dari satpol PP bertugas menjaga keamanan ketertiban dan memastikan penerapan protokol kesehatan dijalankan. Dalam menjalankan tugas kami tidak sendiri. Kami bekerja bersama-sama dengan Satgas Penanganan Covid-19, TNI dan Polri. Kita terus awasi ketertiban dan jangan sampai ada kerumunan untuk mencegah penularan Covid-19,” ungkap Plt Satpol PP Kota Blitar, Hadi Maskun, Jumat (16/4/2021).

Sementara terkait masalah teknis, Maskun menegaskan hal itu merupakan kewenangan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperdagin) Kota Blitar. Teknik  termasuk pengaturan jam operasional berjualan, jumlah pedagang dan perizinan. “Secara teknis untuk pelaksanaanya ada di disperdagin. Termasuk jam buka dan jumlah pedagang yang berjualan," imbuhnya.

Kembali beroperasinya pasar takjil benar-benar membuat pedagang sumringah. Tina Marianti (36) salah satunya. Dia senang Pemkot Blitar menggelar kembali Pasar Takjil pada Ramadan 2021. “Syukur alhamdulillah bisa jualan di pasar takjil lagi. Laba keuntungannya untuk persiapan lebaran," ujar wanita asal Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar.

Baca Juga : Tahun Ini, Kota Malang Bakal Punya 3 SMP Baru

Tak hanya penjual, pembeli pun juga senang dengan kembali beroperasinya pasar takjil Ramadan. Fima Rozaktana, salah satu pemburu takjil, mengaku senang bisa kembali berburu kuliner di pasar takjil  Jalan Ahmad Yani. Baginya, berburu takjil sambil ngabuburit sudah menjadi tradisi yang selalu dilakukan setiap bulan Ramadan.

“Di pasar takjil ini makanan dan minumanya lengkap. Di sini kita tidak harus berpindah-pindah tempat untuk berburu kuliner," pungkas Fima.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya