Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Terdampak Gempa di Kabupaten Malang, Ratusan Rumah di Blitar Rusak dan Belasan Orang Luka

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Pipit Anggraeni

11 - Apr - 2021, 07:16

Placeholder
Sebuah rumah di Kabupaten Blitar rusak akibat gempa bumi.(Foto : Ist)

BLITARTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar mengumumkan sebanyak 244 bangunan rusak akibat gempa bumi yang berpusat di Malang. Hal tersebut disampaikan Bupati Blitar Rini Syarifah saat mengikuti rapat koordinasi dengan Pemprov Jawa Timur secara virtual di Pendapo Ronggo Hadi Negoro, Sabtu (10/04/2021) malam.

“Laporan masuk yang dihimpun BPBD, ada sebanyak 244 bangunan di Kabupaten Blitar yang rusak. Sementara korban ada 11 orang yang mengalami luka ringan,” kata Rini. 

Baca Juga : Pagi ini Gempa Kembali Guncang Kabupaten Malang, Tak Berpotensi Tsunami

Rini menambahkan, dirinya turut prihatin dengan bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Blitar. Dia juga meminta kepada masyarakat Kabupaten Blitar untuk tenang dan tidak panik.

“Kami meminta warga tetap tenang karena pemerintah daerah terus melakukan pendataan guna menentukan langkah selanjutnya terkait penyaluran bantuan materiil. Warga juga kami minta agar terus mematuhi protokol kesehatan disaat apapun. Jangan sampai lengah lantaran penyebaran Covid-19 bisa saja terjadi dimana saja sehingga harus diperhatikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Achmad Cholik mengatakan, kerusakan rumah akibat gempa meliputi kerusakan bangunan mulai dari rusak ringan, sedang hingga berat. Kerusakan terjadi di 22 kecamatan. 

"Mayoritas ringan, ada beberapa yang berat.Nanti kita lakukan kajian apakah bisa menjadi kategori tanggap darurat atau tidak. Ibu bupati akan memerintahkan segera melakukan tindakan pelaksanaan kedaruratan bila masuk tanggap darurat,” ungkap Cholik. 

Baca Juga : 5 Orang Meninggal Akibat Gempa, Bupati Lumajang Menginap di Pronojiwo

Lebih dalam Cholik menyampaikan, hingga kini BPBD Kabupaten Blitar terus mendata kerusakan akibat gempa bumi. Sedangkan 11 orang warga Kabupaten Blitar dilaporkan mengalami luka-luka sudah mendapatkan perawatan.

“Ada 11 orang yang mengalami luka ringan. Mereka telah mendapatkan perawatan di rumah sakit, puskesmas dan fasilitas kesehatan lainya,” pungkasnya. 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Pipit Anggraeni