Keren, Website PGRI Tulungagung Ini Jadi Media Publikasi dan Kreativitas Guru | Jatim TIMES

Keren, Website PGRI Tulungagung Ini Jadi Media Publikasi dan Kreativitas Guru

Apr 05, 2021 21:01
Tampilan media online milik PGRI Tulungagung / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Tampilan media online milik PGRI Tulungagung / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

TULUNGAGUNGTIMES - Tak mau ketinggalan urusan informasi dan publikasi, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Tulungagung merilis web resmi untuk pemberitaan kegiatan. Web atau domain yang dimaksud beralamat di https://pgri-tulungagung.or.id/ jika dikunjungi akan muncul situs online PGRI Tulungagung dengan motto Hadirmu Dirindukan Guru.

"Atas buah pemikiran bersama dengan tujuan mengekspresikan inovasi dan kegiatan di setiap sekolah, situs online milik PGRI di Tulungagung ini kita buat," kata wakil Sekretaris PGRI Tulungagung, Heni Hendarto, Senin (05/04/2021).

Baca Juga : Baru Dipasang, Banner Penolakan Kenaikan NJOP Dirazia Satpol PP, Lalu Dipasang lagi

Lanjut Heni, media online khusus keluarga besar PGRI Kabupaten Tulungagung ini dipersembahkan untuk masyarakat umum dan bagi pengguna media sosial dapat mampir dan membaca kegiatan yang diunggahnya. "Kita siapkan juga beberapa divisi media sosial, jadi berita kami bisa dibaca melalui instagram (IG), Tweeter dan Facebook," jelasnya.

Pengelolaan media internal PGRI Kabupaten Tulungagung ini menurut Heni sebagai tindak lanjut dari Smart Learning And Character  Center (SLCC).

 

"Kebetulan saya membidangi ini (SLCC), divisi ini merupakan lembaga pengembangan untuk memberikan pelatihan dan pendidikan guru, terkait pembelajaran dan pembentukan karakter melalui teknologi informasi," jelasnya.

Dijelaskan Heni, SLCC ini juga baru melaksanakan bimbingan tekhnis (Bimtek) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) pada Guru dan Pegawai Tidak Tetap (GTT/PTT) di lingkup Disdikpora Kabupaten Tulungagung.

Para pendidik di sekolah manapun di Tulungagung, diharapkan Heni dapat memberikan kontribusi berupa tulisan yang bermanfaat bagi pembaca dan khususnya anggota PGRI Kabupaten Tulungagung.

"Jika dulu hanya berbentuk majalah yang isinya cenderung banyak karya sastra seperti puisi, kini lebih ke jurnal ilmiah dan penulis dapat secara berkala memberikan kontribusi atau inovasi ke media kita ini," jelasnya.

Tak ketinggalan, Heni menjelaskan publikasi di sekolah atau di Unit Pelaksana Dinas (UPT) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) seluruh kecamatan di Tulungagung dapat ditayangkan di domain yang menurutnya website berita yang dikelola secara profesional ini. "Domain atau wrbsite kita ini dikelola secara profesional, jadi bukan hanya semacam blog atau halaman di gratis," paparnya.

Dalam meningkatkan kualitas konten, kepala sekolah SMP Negeri 3 Tulungagung ini juga membuka pelatihan jurnalistik bagi anggota PGRI yang ingin berkembang dan punya bakat menulis.

 

Website atau media online ini telah di-Launching sejak bulan Februari 2021 lalu dan semakin hari, isi berupa berita kegiatan, informasi, tips dan kategori lain semakin padat. "Pembaca dapat memilih sendiri, mana yang layak dibaca dan mana yang ingin di publikasikan," imbuhnya.

Baca Juga : Fasilitasi Pertukaran Ide Mahasiswa 28 Negara, Unisma Gelar Internasional Student Exchange

Ketua PGRI Tulungagung, Muhadi menyambut baik hadirnya website PGRI dan menegaskan jika website yang dikelola merupakan jendela yang akan dilihat dunia internasional. "Ini luar biasa, website ini ibarat jendela yang nantinya dapat dilihat oleh masyarakat dunia," kata Muhadi.

Setelah website ini berjalan dengan baik, Muhadi memastikan pengelola dan bahkan anggota PGRI akan diberikan materi atau pelatihan menulis agar dapat menambah bobot konten yang disuguhkan pada pembaca.

"Hal ini sudah dipikirkan oleh pak Heni selaku ketua SLCC, tentu nanti akan dilaksanakan kegiatan untuk meningkatkan kwalitas penulisan. Sekarang tim sudah menyusun program-program kedepan," jelasnya.

Dengan hadirnya website ini, PGRI Tulungagung berharap para guru memanfaatkan dengan baik dan aktif menulis karya ilmiah, karya fiksi maupun karya yang berkaitan dengan teknik edukasi.

"Selain karya guru ini bisa dilihat oleh dunia, karya yang ditayangkan di web ini juga bernilai dan akan dihitung sebagai karya yang dapat membantu kenaikan pangkat. Karya yang dipublikasikan ini lebih otentik dan bagus untuk menambah kompetensinya," tambah Muhadi.

Sementara itu, kepala dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tulungagung, Haryo Dewanto mengapresiasi keberadaan website media online milik PGRI ini. Bahkan, pria yang akrab di sapa Yoyok ini memuji konten dan informasi yang disajikan dalam situs online berbasis informasi kegiatan di kalangan pendidik lingkup dinasnya itu. "Bagus itu untuk meng-update informasi-informasi terbaru supaya tidak ketinggalan dan untuk media inovasi bagi guru-guru," pungkas Yoyok.

Topik
Disdikpora Tulungagung pgri kabupaten tulungagung muhadi berita tulungagung

Berita Lainnya