07/02/2023 Bupati Pamekasan Apresiasi Rencana Pemdes Gagah Bangun Agrowisata Madurasa | Jatim TIMES

Bupati Pamekasan Apresiasi Rencana Pemdes Gagah Bangun Agrowisata Madurasa

Feb 18, 2021 16:57
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat menerima kunjungan Pemdes Gagah, Kecamatan Kadur, Pamekasan (Foto:Istimewa/JatimTimes.com)
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat menerima kunjungan Pemdes Gagah, Kecamatan Kadur, Pamekasan (Foto:Istimewa/JatimTimes.com)

Pewarta: khairul rozi | Editor: A Yahya

PAMEKASANTIMES - Tren pengembangan desa dengan menggali potensi daerah akhir-akhir ini terus berkembang di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Satu di antara pengembangan desa dengan pendekatan wisata yakni obyek Agrowisata Madurasa milik Pemerintah Desa (Pemdes) Gagah Kecamatan Kadur, Pamekasan.

Baca Juga : Sekda Mujiono Ditunjuk Jadi Plh Bupati Banyuwangi, Ajak Pertahankan Prestasi

Rencana pembangunan obyek agrowisata di atas tanah kas desa (TKD) dengan luasan sekitar 6 hektare tersebut sejalan dengan tema Pemkab Pamekasan tahun 2021, yakni "Desaku Makmur Pamekasan Hebat".

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengaku bangga dan mengapresiasi kinerja  Pemdes Gagah, Hal itu disampaikan bupati saat melakukan pertemuan dengan sejumlah perangkat Desa Gagah di ruang peringgitan dalam Mandhapa Agung Ronggosukowati, Kamis (18/02/2021)

"Saya senang sekali pak Kades Gagah tadi menyampaikan beberapa rencana luar biasa yang ingin dilaksanakan di desanya. Tinggal sekarang semangat itu dijaga oleh pak kades dan seluruh stake holder di sana," kata Badrut kepada PamekasanTIMES.

Menurut Badrut, apabila rencana luar biasa itu terwujud, maka masyarakat di desa tersebut akan makmur dan sejahtera. Sebab ekonomi akan berputar cepat dari kunjungan wisatawan, sehingga bisa bersaing dengan desa desa maju lainnya di Indonesia.

"Saya sampaikan, tidak mungkin ada hasil luar biasa dari kerja biasa. Pak kades ini merancang usaha luar biasa, masih muda dan desanya berkeinginan maju," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Gagah Kecamatan Kadur, Hendra Budi Krisna mengungkapkan, pembangunan wisata Madurasa itu merupakan hasil kajian dari potensi desa yang selama ini dikelola secara tradisional akan diolah secara profesional.

Baca Juga : Bupati Bojonegoro Pantau Penyaluran Insentif untuk Takmir Masjid

Seperti halnya potensi legen (la'ang, Madura,) siwalan yang akan diolah secara profesional menjadi kopi herbal, serta potensi lain yang dapat meningkatkan geliat ekonomi masyarakat desa setempat. "Pengembangan desa wisata di Desa Gagah ini bertujuan untuk mengangkat perekonomian warga sekitar. Karena nanti akan menjual beberapa produk atau kerajinan dari masyarakat Desa Gagah," jelasnya.

Pihaknya menambahkan, adanya rancangan agro wisata Madurasa itu nantinya akan menyerap tenaga kerja masyarakat Desa Gagah, Sehingga diharapkan bisa mengurangi angka pengangguran.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Pamekasan (Badrut Tamam, Red)atas waktu yang telah diberikan untuk presentasi mengenai rencana pembangunan dan pengembangan agro wisata Desa Gagah. Dan beliau insyaallah siap men-Support semua kegiatan yang ada di desa kami," tutupnya.

Judul berita Bupati Pamekasan Apresiasi Rencana Pemdes Gagah Bangun Agrowisata Madurasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Berita Pamekasan Bupati Pamekasan

Berita Lainnya