Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Kembangkan Potensi Desa, Tahun 2021 Bupati Pamekasan Ciptakan Desa Tematik

Penulis : khairul rozi - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - Feb - 2021, 19:53

Placeholder
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat memperlihatkan salah satu produk lokal Pamekasan (Foto: Istimewa/ Jatimtimes.com)

PAMEKASANTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan terus menggali dan mengembangkan potensi desa sebagai salah satu cara meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan, tahun 2021 pihaknya akan mengembangkan desa tematik, yakni desa yang dikembangkan dengan tema tertentu seperti desa batik, desa wisata, desa sandal, desa sarung bahkan ada kampung songkok  dengan mengambil tema "Desaku Makmur Pamekasan Hebat".

Baca Juga : Pemkab Banyuwangi Agendakan Gelar Perpisahan Bupati-Wakil Bupati

Bangun-Desa-Tematik-Pamekasan-Bakal-Kian-Cantik-01f2a944b2249b542f.png

Karena selama ini, dirinya melihat masih banyak masyarakat Pamekasan yang tidak memakai produk lokal, sehingga hal itu menjadi spirit tersendiri dalam menggali potensi desa agar kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dari produk lokal.

"Sektor utama yang kita dorong berdasarkan desa tematik, seluruh potensi ekonomi dan kebudayaan, dan potensi apapun di desa melalui tema tema desa utama yang mau digarap. Ada desa pertanian, desa peternakan, desa batik dan lain sebagainya," katanya, Selasa (16/02/2021)

Namun upaya mengembangkan ekonomi melalui desa tematik itu tentunya tidak meninggalkan local wisdom di desa tersebut, misalnya, produksi sarung. Karena sarung menjadi salah satu identitas Madura dan Pamekasan secara khusus.

"Kehidupan keagamaan itu juga menjadi bagian dari upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di masing-masing desa. Cara inilah yang saya gunakan sedari awal saya memimpin," tambahnya.

Baca Juga : Pelantikan Bupati Malang Terpilih Ditunda, Sanusi Mengaku Legowo

 

Selain itu, Pemkab juga akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) untuk menggali potensi ekonomi dengan pendidikan yang berkemajuan yang akan bekerjasama dengan sekolah kedinasan, seperti akpol, akmil, dan sekolah kedokteran yang nantinya muncul kapolda, pandam dan dokter dokter andal dari Bumi Gerbang Salam.

"Peningkatan pendidikan itu salah satunya memberikan beasiswa santri bekerja sama dengan pondok pesantren dengan kategori santri berprestrasi dan santri kurang mampu," tutupnya.


Topik

Advertorial



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

khairul rozi

Editor

Sri Kurnia Mahiruni