Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Paska Diterjang Banjir, Luapan Air Menggerus Plesengan Sungai hingga Tembok Rumah Warga

Penulis : Mariano Gale - Editor : Dede Nana

11 - Feb - 2021, 15:43

Placeholder
Plengsengan ambrol dan menimpa tembok rumah milik warga di Jalan Diponegoro RT 04 RW 08 Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo Kota Batu, Kamis (11/2/2021) (BPBD Kota Batu)

BATUTIMES - Paska hujan dengan intensitas tinggi serta banjir menyebabkan aliran air pada saluran drainase meluap dan menggerus plengsengan. Akibatnya plengsengan ambrol dan menimpa tembok rumah milik warga di Jalan Diponegoro RT 04 RW 08 Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, plengsengan berdimensi tinggi 3,5 m, panjang 16 m, dan lebar 3 m itu ambrol hingga menimpa tembok rumah milik warga sekitar yakni Maliki Yaumaiddin dan gudang milik Rochim.  

Baca Juga : Ramai Bahas Sertifikat Elektronik, Ini Penjelasan BPN Tulungagung

"Plengsengan ambrol ini disebabkan paska intensitas hujan yang tinggi serta banjir waktu lalu," ucapya, Kamis (11/2/2021).

Tidak hanya plengsengan dan bangunan warga saja yang mengalami kerusakan, luapan air sungai itu menyebabkan pipa PDAM terputus dan material longsor dari plengsengan tersebut menutup saluran drainase.

"Jadi kita langsung membersihkan material longsor yang menutup saluran drainase, dan berkoordinasi dengan pihak PDAM," ujarnya.

Dengan kejadian tersebut, pihaknya bersama perangkat Kelurahan Dadaprejo, Agen Bencana Provinsi Jawa Timur, Garda Relawan, dan warga setempat melakukan perbaikan plengsengan yang jebol.

Baca Juga : Derita Pengungsi Banjir Jombang, Warga Minta Tanggul Dibenahi Agar Bisa Pulang

"Sementara kami memberikan bantuan berupa terpal dan karung untuk menutup plengsengan," tandasnya.

 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mariano Gale

Editor

Dede Nana