01/02/2023 Kodim Ngawi Optimalkan Peran Babinsa Cegah Penyebaran Covid-19 | Jatim TIMES

Kodim Ngawi Optimalkan Peran Babinsa Cegah Penyebaran Covid-19

Feb 02, 2021 15:11
Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) terlibat menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19
Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) terlibat menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19

Pewarta: Satria Romadhoni | Editor: Dede Nana

NGAWITIMES - Komando Distrik Militer 0805 Ngawi memastikan ratusan personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) terlibat menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Ngawi.

Kepastian tersebut disampaikan Komandan Kodim 0805 Ngawi Letkol Inf Totok Prio Kismanto saat ditemui NgawiTimes di ruang kerjanya.

Baca Juga : Sariawan Jadi Salah Satu Gejala Covid -19, Begini Ciri-cirinya

Menurutnya, di tengah mewabahnya virus korona, Babinsa kini bertugas untuk turut berperan aktif menyosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat. Terlebih terkait 5 M yakni menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi aktivitas.

"Personel Babinsa terus berperan aktif sosialisasi protokol kesehatan" tegas Totok.

Selain itu, Babinsa juga berperan mendampingi petugas kesehatan untuk melaksanakan pengawasan terhadap orang yang dinyatakan positif Covid-19. Bahkan, Babinsa harus turut serta menjemput orang sakit dengan gejala terpapar Covid-19.

Babinsa juga turut berperan mengawasi orang-orang terjangkit korona yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Tak hanya itu, Babinsa juga turut mendampingi petugas medis yang melakukan pemulasaran jenazah Covid-19 dari rumah sakit menuju rumah hingga tempat pemakaman.

Baca Juga : Cegah Peredaran Narkotika, Lapas Blitar Sidak Kamar Warga Binaan

"Tugas Babinsa makin banyak di tengah mewabahnya Covid-19. Kita patut apresiasi rangkap tugas yang diemban Babinsa. Super strong," ujar Totok.

Totok menambahkan, Kodim 0805 Ngawi kini telah diperkuat anggota Babinsa sebanyak 400 personel. Para personel Babinsa tersebut tersebar di 14 Koramil dan empat Pos Ranmil.

Judul berita Kodim Ngawi Optimalkan Peran Babinsa Cegah Penyebaran Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Kodim 0805 Ngawi Babinsa

Berita Lainnya