Kabar Gembira bagi Mahasiswa, UIN Malang Keluarkan Kebijakan Penyesuaian UKT | Jatim TIMES

Kabar Gembira bagi Mahasiswa, UIN Malang Keluarkan Kebijakan Penyesuaian UKT

Jan 27, 2021 20:21
Ilustrasi pengumuman penyesuian UKT (persintelligentdotcom)
Ilustrasi pengumuman penyesuian UKT (persintelligentdotcom)

Kabar gembira bagi mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Ya kampus  yang dipimpin Rektor Prof Dr Abdul Haris tersebut mengeluarkan kebijakan tanggap covid-19 terkait penyesuaian uang kuliah tunggal (UKT) semester genap tahun akademik 2020/2021.

Hal tersebut diumumkam melalui akun Instagram resmi UIN Maliki dan melalui Surat Pengumuman Nomor  259 Tahun 2021 tentang Mekanisme Keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk Sarjana Strata Satu dan Perpanjangan Pembayaran SPP Untuk Program Pascasarjana Strata Dua Dan Strata Tiga  di Masa Pandemi Covid-19 Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Baca Juga : Sekretaris Komisi D Beri Apresiasi Siswa Berprestasi di Wilayah Sukun

Dalam surat pengumuman itu, kebijakan ini diambil menindaklanjuti Keputusan Menteri Agama Nomor 81 Tahun 2021 tentang Perubahan Keputusan Menteri Agama Nomor 515 Tahun 2020 tentang keringanan UKT Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri atas Dampak Wabah Covid-19.

Hal ini dengan pertimbangan bahwa wabah bencana covid-19 masih berlangsung dan masih memberikan dampak buruk pada penurunan kemampuan ekonomi orang tua mahasiswa. Sehingga perlu ditetapkan keringanan UKT mahasiswa program sarjana strata satu dan perpanjangan pembayaran spp program pascasarjana strata dua dan strata tiga.

"Benar, ada penyesuaian UKT. Ketentuannya sesuai dengan pengumuman," jelas Rektor UIN Maliki Malang Prof Abdul Haris melalui Kasubbag Humas, Dokumentasi, & Publikasi M Fatkhul Ulum saat dihubungi, Rabu (27/1/2021).

Mahasiswa yang bisa mendapatkan penyesuaian pembayaran UKT tersebut harus memenuhi beberapa ketentuan. Antara lain mereka mengajukan sebagai mahasiswa aktif pada semester 2 sampai 8. Kemudian, mereka yang mengajukan merupakan mahasiswa kurang mampu yang dibuktikan dengan data dukung berupa surat keterangan tidak mampu dari desa serta data dukung lainnya yang diperlukan.

Bukan hanya itu. Ketentuan lainnya, mereka yang mengajukan memiliki prestasi akademik dengan indeks prestasi semester (IPS) minimal 3,25 untuk jurusan non kedokteran dan 3.00 untuk jurusan kedokteran. Penyesuaian UKT hanya diberikan sekali selama studi. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat penyesuaian UKT maka dinyatakan gugur.

Dan nantinya, evaluasi penyesuaian UKT dilakukan tiap akhir semester dengan ketentuan bila IPS tidak memenuhi ketentuan, maka UKT akan dikembalikan ke tarif sebelumnya.

Untuk pengajuan penyesuaian UKT, pendaftaran dibuka mulai tanggal 27 Januari 2021 hingga tanggal 29 Januari 2021. Pengajuan penyesuaian UKT dilakukan melalui laman studentfinance.uin-malang.ac.id. disana, tata cara pengajuan dan data pendukung yang wajib diunggah dijelaskan secara detail.

Sementara itu, sesuai dengan surat pengumuman, adapun keringanan yang diberikan sebagai berikut :

A. Ketentuan Umum, 
1. Mahasiswa yang orang tuanya terdampak Covid-19 dapat mengajukan skema keringanan, sebagai berikut; 
a. Penurunan UKT. 
b. Perpanjangan jangka waktu pembayaran UKT.

2. Kebijakan Penyesuaian UKT telah ditetapkan dalam Keputusan Rektor nomor: 6 Tahun 2021 tanggal, 4 Januari 2021 tentang Penyesuaian Uang Kuliah Tunggal (UKT) Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021;

3. Orang tua yang terdampak covid-19 sebagaimana poin 1 adalah sebagai berikut: 
a. Orang tua meninggal dunia pada masa Covid-19 dibuktikan dengan akta/surat kematian dari Kepala Desa/Lurah setempat. 
b. Orang tua mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dibuktikan dengan surat PHK dari perusahaan tempat orang tua bekerja. 
c. Orang tua yang mengalami kerugian atau pailit dibuktikan dengan surat pailit dari instansi berwenang. 
d. Orang tua yang mengalami penurunan pendapatan secara signifikan dibuktikan dengan surat keterangan pendapatan sebelum dan sesudah terdampak covid-19 yang disyahkan oleh pimpinan tempat bekerja atau Kepala Desa/Lurahbagi 
orang tua yang wirasasta, dengan melampirkan daftar gaji/pendapatan.

4. Keringanan UKT berlaku pada semester genap Tahun Akademik 2020/2021 dan semester ganjil Tahun Akademik 2021/2022 selama kondisi Covid-19.

5. Bagi mahasiswa program sarjana strata satu yang berstatus aktif dan sudah  mendapatkan keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada semester ganjil 2020/2021, dengan berdasarkan kebijakan ini langsung memperoleh keringanan  UKT tanpa pengajuan.

6. Bagi mahasiswa yang mendapatkan keringanan UKT pada semester genap 2020/2021, tetapi terlanjur melakukan pembayaran, kelebihan pembayarannya akan dialihkan ke pembayaran UKT semester berikutnya. Bagi yang mahasiswa yang mendapatkan keringanan UKT yang sudah terlanjur bayar dan lulus pada semester genap 2020/2021, selisih kelebihan pembayarannya akan dikembalikan.

7. Pengajuan keringanan UKT dilakukan dalam jaringan melalui laman: studentfinance.uin-malang.ac.id.
 

B. Syarat dan ketentuan keringanan UKT untuk sarjana strata satu dan perpanjangan pembayaran SPP untuk pascasarjana strata dua dan strata tiga,

1. Keringanan UKT diberikan kepada mahasiswa : 
a. Program sarjana strata satu yang berstatus aktif; 
b. Mendapat UKT minimal kelompok/grade 2 (dua); 
c. Tidak sedang menerima beasiswa atau bantuan studi baik yang bersumber dari DIPA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang maupun instansi pemberi beasiswa 
lain; 
d. Tidak mendapat persetujuan banding penyesuaian UKT.

2. Keringanan UKT diberikan kepada mahasiswa yang terdampak covid-19, dengan mengajukan permohonan disertai dengan alasan pengajuan keringanan serta melampirkan: 
a. Foto Kartu Tanda Mahasiswa (KTM); 
b. Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) ayah dan ibu/wali; 
c. Foto Kartu Keluarga (KK); 
d. Bukti pembayaran rekening listrik 3 (tiga) bulan terakhir; 
e. Bukti Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB); 
f. Daftar gaji atau penghasilan ayah dan ibu dari perusahaan tempat bekerja atau 
kelurahan; 
g. Surat pernyataan tidak mendapatkan beasiswa;

3. Bagi mahasiswa program sarjana strata satu yang sedang proses penyelesaian tugas akhir/skripsi dapat mengajukan keringanan dengan melampirkan Surat Rekomendasi dari Fakultas dan dilampiri Kartu Rencana Studi (KRS) atau bukti 
bimbingan skripsi/tugas akhir pada semester yang berkenaan.

Baca Juga : Penelitian Mahasiswa Ini Ungkap Buah Kiwi Bisa Atasi Insomnia

4. Bagi mahasiswa program Pascasarjana Strata ua dan Strata Tiga dapat mengajukan perpanjangan waktu pembayaran SPP dalam jaringan melalui laman: 
studentfinance.uin-malang.ac.id 
 

C. Penurunan Uang Kuliah Tunggal (UKT):

1. Penurunan UKT diberikan sebesar 15 persen.

2. Penurunan UKT bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi/tugas akhir diberikan sebesar 15 persen.

3. Mahasiswa yang orang tuanya meninggal karena covid-19 (surat keterangan covid-19 dari instansi yang berwenang) diberikan UKT kelompok 1 (Satu).

4. Pengajuan keringanan UKT diajukan mulai tanggal 27-29 Januari 2021.

5. Bagi mahasiswa yang belum melakukan heregistrasi sampai pada tanggal 27 Januari 2021 dan masih mengajukan keringanan UKT sebagaimana point 5, KRS dilayani pada tanggal 1 dan 2 Februari 2021.

6. Mahasiswa program sarjana strata satu yang sudah lulus ujian akhir/skripsi/tugas akhir dan belum mendapatkan SK Yudisium pada semester ganjil 2020/2021 diberikan keringanan tidak membayar UKT dengan batas akhir penyampaian SK Yudisium tanggal 31 Maret 2021.

7. Mahasiswa yang sudah habis masa studinya dan belum menyelesaikan  skripsi/tugas akhir diberikan perpanjangan waktu sampai akhir semester genap 2020/2021 dengan tetap membayar UKT.
 

D. Perpanjangan jangka waktu pembayaran UKT untuk program sarjana strata satu dan perpanjangan pembayaran SPP untuk program pascasarjana strata dua dan tiga, ketentuannya,

1. Perpanjangan waktu diberikan sampai dengan tanggal, 31 Maret 2021.

2. Apabila sampai dengan tanggal 31 Maret tidak melakukan pembayaran UKT dan SPP, maka tidak dapat mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS).

3. Mahasiswa program pascasarjana strata dua dan tiga yang sudah lulus ujian akhir/tesis/disertasi dan belum mendapatkan SK Yudisium pada semester ganjil 2020/2021, diberikan keringanan tidak membayar UKT dengan batas akhir penyampaian SK Yudisium tanggal 31 Maret 2021.

4. Mahasiswa yang sudah habis masa studinya dan belum menyelesaikan tesis/disertasi diberikan perpanjangan waktu sampai akhir Semester Genap 2020/2021 dengan tetap membayar UKT.

Setelah pendaftaran yang dilakukan mulai tanggal 27 hingga 29 Januari 2021 selesai, akan dilakukan tahap verifikasi data dan penetepan pada 30 Januari 2021 hingga 2 Februari 2021. Setelah itu, pada tanggal 3 Februari 2021, akan ditetapkan dengan keputusan Rektor mahasiswa yang berhak mendapatkan penyesuaian UKT. 

Dilanjutkan pada 4 Februari 2021, akan diumumkan penetapan penyesuaian UKT dan penundaan pembayaran SPP semester genap 2020/2021 hasil keputusan Rektor. Dan pada 4 sampai 11 Februari 2021, jadwal pembayaran UKT sebagaimana keputusan Rektor.

 

Topik
UIN Malang Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester genap tahun akademik 2020/2021

Berita Lainnya