Polisi Selidiki Kasus Ambil Paksa Jenazah Covid-19 di RSI Kalianget Sumenep | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Polisi Selidiki Kasus Ambil Paksa Jenazah Covid-19 di RSI Kalianget Sumenep

Jan 26, 2021 12:21
Jenazah terduga pasien terkonfirmasi positif covid-19 sewaktu diambil paksa oleh keluarga di RSI Garam Kalianget, Sumenep (Foto: potongan video yabg viral di medsos/JatimTIMES)
Jenazah terduga pasien terkonfirmasi positif covid-19 sewaktu diambil paksa oleh keluarga di RSI Garam Kalianget, Sumenep (Foto: potongan video yabg viral di medsos/JatimTIMES)

SUMENEPTIMES - Polisi menyelidiki kasus ambil paksa jenazah pasien covid-19 di Rumah Sakit Islam (RSI) Kalianget, Kabupaten Sumenep, yang sempat viral beberapa hari terakhir.

Selain itu, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep  akan melakukan tracing atau tes cepat kepada keluarga yang melakukan kontak erat dengan jenazah pasien. "Akan dilakukan tracing terhadap siapa saja kontak erat di peristiwa tersebut dan hari ini sudah kami lakukan," kata Humas Satgas Penanganan Covid-19 Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya, Selasa (26/01/2021).

Baca Juga : Polres Malang Terjunkan 250 Personel untuk Kawal Distribusi Vaksin Sinovac

Ia mengaku juga akan melakukan koordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Utamanya dengan pihak kepolisian untuk mendalami kasus insiden tersebut.

Sementara, Kasubbag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti menyampaikan, saat ini polisi telah menyelidiki sejumlah saksi kasus yang videonya viral di media sosial dan sempat menghebohkan masyarakat Kota Keris itu. "Tim satreskrim telah melakukan pemeriksaan saksi-saksi. Intinya kejadian itu dalam penyelidikan kami (polisi, red)," ungkapnya.

Meski demikian, polwan yang juga mantan kapolsek Kota Sumenep ini tidak merinci berapa jumlah saksi yang telah diperiksa oleh penyidik Polres Sumenep terkait kasus tersebut. “Saksi yang diperiksa baru dari pihak RSI Kalianget. Insya Allah nanti akan terus berkembang ke saksi-saksi yang lain,” ujar dia.

Sebelumnya, sebuah video berdurasi singkat tengah ramai dan viral di media sosial (medsos). Video tersebut mempertontonkan adanya jenazah seorang pasien yang diduga dijemput paksa oleh keluarganya dari Rumah Sakit Islam (RSI) Garam Kalianget.

Dalam video viral itu, janazah terdebut dikatakan meninggal karena  positif covid-19. Namun pihak keluarga menolak hal tersebut dan melakukan aksi ambil paksa jenazah. Aksi pengambilan secara paksa terhadap jenazah pasien tersebut terjadi pada Minggu siang (24/01/2021) lalu.

Baca Juga : Dua Desa di Sumenep Diterjang Puting Beliung, Seorang Santri Terluka

Pengambilan jenazah tersebut sebelumnya memang terekam kamera warga dan tersebar luas dalam bentuk video yang berdurasi 3,13 detik. Hingga kini, video tersebut oleh warga terus dibagikan ke berbagai grup WhatsApp maupun ke lini masa akun Facebook.

Rekaman video itu memperlihatkan jenazah dibawa keluar dari dalam RSI Garam Kalianget dengan memakai tempat tidur pasien. Jenazah dan tempat tidur itu lalu dibawa dengan berjalan kaki hingga sekitar 1 kilometer dari rumah sakit.

Tampak suasana panik dan tangis terdengar mengiringi perjalanan mereka saat membawa jenazah ke jalan nasional Kalianget. "Sakit kencing manis, pas di rumah sakit, ovid-19," ucap salah seorang pria yang diduga merupakan keluarga pasien dalam video tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kasus Ambil Paksa Jenazah Jenazah Covid 19

Berita Lainnya