Hari Ini, Pelayanan SIM dan Samsat Keliling Kota Malang  Mulai Beroperasi | Jatim TIMES

Hari Ini, Pelayanan SIM dan Samsat Keliling Kota Malang Mulai Beroperasi

Jan 26, 2021 08:40
Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution saat ditemui awak media di Mapolresta Malang Kota, Jumat (22/1/2021). (Foto: Dok. JatimTIMES) 
Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution saat ditemui awak media di Mapolresta Malang Kota, Jumat (22/1/2021). (Foto: Dok. JatimTIMES) 

MALANGTIMES  - Mulai Selasa (26/1/2021) hari ini, pelayanan bis SIM (surat izin mengemudi) keliling dan pelayanan pembayaran pajak kendaraan di Samsat keliling mulai beroperasi di wilayah Kota Malang. Tempatnya sesuai dengan titik-titik yang telah ditentukan oleh jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Malang Kota. 

Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution mengatakan titik awal pelayanan bis SIM keliling dan mobil Samsat keliling akan dimulai dari kawasan Taman Krida Budaya Jalan Soekarno-Hatta (Soehat).  "Setiap hari kami akan berpindah-pindah sesuai jadwal yang nanti kami infokan ke masyarakat," ujarnya, Selasa (26/1/2021).  

Sebelumnya, perwira yang akrab disapa Rama ini telah menginformasikan serta menyosialisasikan  pelayanan bis keliling dan mobil Samsat itu kepada masyarakat melalui media sosial. Pelayanan itu beroperasi dalam satu minggu hanya dua kali, tiap Selasa dan Jumat. Waktu operasionalnya pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB. 

Dikatakan Rama, hal tersebut merupakan terobosan di tengah pandemi vovid-19 yang tak kunjung reda. Karena itu pula,  semua masyarakat diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan. 

Khusus untuk pelayanan bis SIM keliling, petugas hanya dapat melayani masyarakat yang melakukan perpanjangan masa berlaku SIM A dan SIM C. "Untuk pemohon SIM baru, baik itu SIM A maupun SIM C, tetap kita arahkan ke satpas induk," ujarnya. 

Pelayanan bis SIM keliling  ini juga hanya berlaku untuk masyarakat dengan KTP (kartu tanda penduduk) Kota Malang.  Sedangkan biaya perpanjangan SIM sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), yakni SIM A  Rp 80 ribu dan SIM C Rp 75 ribu. 

Perwira dengan satu melati di pundaknya ini juga mengingatkan kepada para pemohon untuk membawa hasil tes kesehatan dan hasil psikotes. Namun jika masyarakat sebagai pemohon belum melaksanakan tes kesehatan dan psikotes, Satlantas Polresta Malang Kota juga menyediakan layanan tersebut. 

"Kami juga telah menyediakan (psikotes, red) yang bekerja sama dengan pihak psikologi. Kalau mau menggunakan yang kami sediakan, boleh. Atau membawa dari luar, juga diperbolehkan," terangnya. 

Tak berbeda jauh dengan satpas induk Makang Kota, pelayanan di bis SIM keliling berlaku bagi pemohon yang masa berlaku SIM-nya kurang dari dua hari.  Selain itu, masyarakat yang akan melakukan pembayaran pajak kendaraan hanya perlu menyertakan kartu identitas yang sah dan STNK (surat tanda nomor kendaraan) asli. 

Sedangkan untuk STNK berbadan usaha, syarat yang harus dilampirkan yakni salinan akta pendirian, satu lembar fotokopi keterangan domisili, surat kuasa bermaterai yang ditandatangani oleh pimpinan dan disertai cap stempel badan hukum terkait.

Topik
Pelayanan SIM Samsat Keliling Kota Malang Polresta Malang Kota

Berita Lainnya