Resmi Jadi Presiden AS, Pelantikan Joe Biden Dijaga Superketat hingga Kursi Dikelompokkan | Jatim TIMES

Resmi Jadi Presiden AS, Pelantikan Joe Biden Dijaga Superketat hingga Kursi Dikelompokkan

Jan 21, 2021 09:31
Presiden AS Joe Biden (Foto: Screenshoot)
Presiden AS Joe Biden (Foto: Screenshoot)

INDONESIATIMES -  Joe Biden telah resmi dilantik sebagai presiden Amerika Serikat (AS), Rabu (20/1/2021). Pelantikan digelar pukul 12.00 waktu setempat di tangga gedung Kongres AS, Capitol Hill.

Biden tampak melakukan sumpah dengan tangannya di atas Alkitab dan mebcakan 35 kata sumpah jabatan untuk "melestarikan, melindungi dan mempertahankan Konstitusi" dalam sebuah upacara yang diselenggarakan oleh Ketua Mahkamah Agung AS John G. Roberts Jr.

Baca Juga : Dukungan Mengalir, Ketua Umum DPN-KIB Yakin Komjen Sigit Mampu Menyelaraskan Kinerja Presiden

Menariknya, pelantikan Joe Biden ini dijaga superketat oleh aparat untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.  

MDiansir melalui nytimes.com, para pejabat keamanan AS telah mengambil tindakan langkah-langkah pencegahan untuk mengawasi setiap tindakan.  

Lengkah itu termasuk pemeriksaan keamanan oleh Biro Penyelidik Federal (Federal Bureau of Investigation/FBI) terhadap 25 ribu anggota Garda Nasional yang ditugaskan di Washington DC untuk melindungi acara itu.

Image
Foto: Screenshoot

"Meskipun tidak ada laporan intelijen yang menunjukkan ancaman dari orang dalam, kami tidak mengesampingkan dalam mengamankan ibu kota," kata penjabat Menteri Pertahanan Christopher Miller dalam sebuah pernyataan.

Miller menambahkan jika pasukan yang berjaga telah diberi pelatihan tambahan.  

Keamanan kali ini tentunya lebih besar daripada biasanya. Bahkan sampai dipasang pagar setinggi tiga meter.   Pasalnya, diketahui pendukung Donald Trump tak terima saat Joe Biden berhasil memenangkan pillpres AS beberapa waktu lalu.  

Sejumlah massa yakin Trump telah dicurangi dalam pemilu AS.   Hingga muncul dugaan akan terjadi aksi massa yang akan menggangu upacara pelantikan Biden.  

Baca Juga : Pensiunan PNS di Blitar Tewas Gantung Diri

Hal menarik lainnya di pelantikan Biden iala kursi-kursi tamu undangan yang tampak dipisah-pisah.  

Image
Foto: Screenshoot

Muncul dugaan jika hal tersebut dilakukan untuk mengelompokan per keluarga yang hadir dalam acara pelantikan tersebut.

Tampak dalam tayangan video pelantikan Biden, bagian kursi yang terbagi menjadi beberapa bagian.  Namun, terkait hal ini pihak Biden maupun pemerintahan AS belum angkat bicara. 

 

Topik
Pelantikan Joe Biden Presiden Amerika Serikat Donald Trump pilpres Amerika

Berita Lainnya