Viral Video Suara "Tolong" di Pencarian Pesawat Sriwijaya Air, Ini Penjelasan Damkar | Jatim TIMES

Viral Video Suara "Tolong" di Pencarian Pesawat Sriwijaya Air, Ini Penjelasan Damkar

Jan 18, 2021 12:42
Video pencarian korban Swirijaya Air. (Foto: TikTok)
Video pencarian korban Swirijaya Air. (Foto: TikTok)

Publik dihebohkan dengan beredarnya video petugas damkar Kepulauan Seribu saat mencari korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182.  

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok bernama @abdulazis171.  Dalam video itu, disebut ada suara minta tolong yang terdengar.  

Baca Juga : PWI Malang Raya Gencar Perkenalkan Pengurus Baru, Seminggu Sapa 70 Instansi

 

Awalnya, petugas damkar terlihat tengah menyisiri area perairan di Kepulauan Seribu. Lalu diakhir video terdengar suara samar-samar "tolong".  

"Detik-detik penyisiran ada suara minta tolong di akhir video, no editan suara terdengar jelas," tulis caption dalam video itu.  

 

@abdulazis171

detik2 penyisiran ada suara minta tolong di akhir video, no editan suara terdengar jelas##damkarpulauseribu ##damkarindonesia ##jagoUTBK

original sound - @ Abdul Azis17

 

Terkait hal ini, Kepala Sektor Gulkarmat Kepulauan Seribu Eko Mahendro membenarkan bahwa video itu diambil di Kepulauan Seribu. Tepatnya ada di Pulau Lancang yang merupakan lokasi jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182.  

"Itu termasuk melakukan evakuasi penyisiran yang sejak pesawat Sriwijaya jatuh. Itu video tidak sengaja, tidak editan, apa adanya. Jadi, memang seperti itu tidak bisa ditutup-tutupi," kata Eko.

Lebih lanjut Eko menjelaskan jvideo itu diambil di hari keempat pencarian korban pada Rabu (13/1/2021).  Terdapat delapan personel yang bertugas.  

Baca Juga : Retakan Tanah Hingga 18 Meter Melanda di Teras Rumah Sariah

 

Namun, saat Eko dan lainnya baru  mendengar suara yang diduga teriakan orang minta tolong saat memutar video.   "Saat memvideokan, tidak terdengar apa-apa. Hanya setelah video itu selesai kami ambil,  teman-teman yang lain sambil mencermati kok ada suara ini. Kalau secara langsung, tidak mendengar," ucapnya.

Kendati demikian, pihak damkar belum bisa memastikan suara misterius yang terekam di video itu.   Namun, ia meyakini suara itu seperti suara manusia.  

"Mungkin kalau diminta ahlinya, bisa saja itu suara. (Mungkin) namanya angin bisa nyelip ke mana-mana," ujar Eko. "Cuma kayak orang, entah itu teriakan atau apa saya juga bolak-balik setel video itu nggak jelas," sambung dia.

Topik
pencarian korban Swirijaya Air Sriwijaya Air SJ 182 korban pesawat jatuh damkar Kepulauan Seribu

Berita Lainnya