Anamid Cafe Dibobol, Barang Curian Sempat Diposting di Facebook | Jatim TIMES

Anamid Cafe Dibobol, Barang Curian Sempat Diposting di Facebook

Jan 17, 2021 21:00
Owner Anamid Cafe Alessandro Dwirendra (kiri) bersama bagian humas Anamid Cafe Putri saat ditemui awak media, Minggu (17/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 
Owner Anamid Cafe Alessandro Dwirendra (kiri) bersama bagian humas Anamid Cafe Putri saat ditemui awak media, Minggu (17/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 

Anamid Cafe di Jalan Sudimoro 10 mengalami pembobolan dan pencurian barang-barang yang berhubungan langsung dengan perkopian pada Sabtu (16/1/2021), saat berlangsungnya PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat). Akibatnya, Anamid mengalami kerugian mencapai Rp 15 juta. 

Owner Anamid Cafe Alessandro Dwirendra mengatakan bahwa dirinya sejak awal telah menutup Anamid Cafe sesuai dengan anjuran pemerintah, yakni tepat pukul 20.00 WIB  pada Jumat (15/1/2021).

Esok harinya, Sabtu (16/1/2021) pukul 06.00 WIB Alessandro diberi tahu ibunya bahwa Anamid Cafe telah kebobolan dan kemalingan.  "Ketika pukul 06.00 WIB, ibu saya kesini dan melihat kondisi kafe. Saat itu kondisi kafe sudah kebuka semua bagian jendela. Otomatis (ibu saya, red) ngabarin saya bahwa Anamid Cafe kemalingan," bebernya. 



Mengetahui kejadian tersebut,  Alessandro dirinya langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Lowokwaru sekitar pukul 09.00 WIB. Selanjutnya Alessandro diminta untuk menunjukkan beberapa bukti kepemilikan barang yang dicuri oleh maling. 

Yang hilang antara lain beberapa barang yang  berhubungan langsung dengan pembuatan dan penyajian sebuah kopi untuk disajikan kepada para pelanggan.  "Barang yang hilang ada mesin feratti ferro fcm 3200 D, coffee grinder B600BN, coffee grinder LD-021, tab Samsung Galaxy, dua buah timbangan, tapping matt, dua tamper dan ketel. Kerugian total Rp 15 juta," ungkapnya. 

Alessandro heran dengan maling yang mengambil peralatan kopi milik Anamid Cafe. Pasalnya, terdapat beberapa barang yang berada di sekitar alat perkopian tidak ikut diambil. 

"Tapi ada beberapa barang yang sengaja tidak diambil oleh pelaku, yaitu speaker harman kardon, cup sealer, terus mesin kasir, kulkas, dan gelas. Dan gelas-gelas itu ditata oleh si pelaku, dipinggirin. Pelaku diduga paham perkopian," ucapnya. 



Selain mencuri peralatan dan perlengakapan perkopian, CCTV yang mengarah ke jalan dan berada di Anamid Cafe juga dirusak oleh pelaku pencurian. Hal itu membuat rekaman dari CCTV tidak bisa terlihat. 

Menariknya,  Sabtu (16/1/2021) pukul 14.00 WIB usai pencurian peralatan kopi Anamid Cafe tersebut, terdapat akun Facebook di forum jual beli alat kopi yang menjual mesin kopi milik Anamid Cafe.  "Jadi, kami melacak sendiri dan kemarin sekitar pukul 14.00 WIB, kami lihat ada seseorang menjual mesin saya di Facebook. Setelah dipantengin, barangnya telah di-delete oleh adminnya," kata dia. 



Untungnya rekannya dengan sigap telah mengantongi beberapa bukti seperti screenshots postingan penjualan mesin kopi tersebut di grup Facebook forum jual beli alat kopi. 

Sementara itu, ketika dikonfirmasi Panit Reskrim Polsek Lowokwaru Ipda Zainul Arifin mengatakan bahwa akan melihat laporan yang dilayangkan oleh pihak Anamid Cafe terlebih dahulu.  "Saya lihat dulu laporannya. Untuk tindak lanjutnya, akan kami informasikan besok," ujarnya. 

 

Topik
Anamid Cafe Dibobol Anamid Cafe

Berita Lainnya