35 Wartawan Kota Batu Adu Strategi Lewat Turnamen Catur SIWO PWI Kota Batu | Jatim TIMES

35 Wartawan Kota Batu Adu Strategi Lewat Turnamen Catur SIWO PWI Kota Batu

Dec 05, 2020 14:22
Salah satu wartawan Kota Batu saat melawan Ketua KONI Kota Batu Mahfud di Kantor SIWO PWI, Jalan Hasanudin, Desa/Kecamatan Junrejo Kota Batu, Sabtu (5/12/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu wartawan Kota Batu saat melawan Ketua KONI Kota Batu Mahfud di Kantor SIWO PWI, Jalan Hasanudin, Desa/Kecamatan Junrejo Kota Batu, Sabtu (5/12/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

35 wartawan bertanding dengan ketat dalam turnamen catur Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Batu di Kantor SIWO PWI, Jalan Hasanudin, Desa/Kecamatan Junrejo Kota Batu. Kegiatan ini digelar sebagai ajang silaturahmi lewat turnamen catur, Sabtu (5/12/2020).

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu Mahfud tidak mau kalah dengan menunjukkan keahliannya di depan para wartawan. Dengan menggunakan sistem swiss mereka bertanding dengan sportif. 

Baca Juga : Syukur Mursid (Heri Mursid), Mantan Ketua REI Malang Pertahankan Prestasi Atlet dengan Turnamen

“Turnamen catur kali ini khusus untuk wartawan. Mereka harus terbanding sungguh-sungguh sehingga menjadi juara dan berhak mendapatkan hadiah,” ungkap Roy Mastur Ketua Pelaksana SIWO PWI kota Batu.

Dalam turnamen catur, didatangkan juri atau wasit catur dari Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Batu. Hal itu dilakukan agar pertandingan benar-benar dilakukan secara fair dan akan diperoleh juara yang benar-benar layak. 

Mastur menambahkan, turnamen catur ini juga digunakan untuk mencari bibit yang nantinya bisa diikutkan dalam Porwanas (Pekan Olahraga Wartawan Nasional) 2021 yang berlangsung di Malang Raya. Selain itu, juga untuk melihat potensi kemampuan catur di antara wartawan untuk ajang lainnya. 

“Sebenarnya kita sudah merancang untuk kegiatan catur on the river. Rencana awal, pertandingan itu ada kelas khusus wartawan dan umum atau pelajar. Catur on the river juga ada sisi uniknya dan sisi pariwisata demi mendukung Pemkot Batu dan KONI Kota Batu mewujudkan sports tourisme di Kota Batu. Namun karena pandemi Covid-19 melanda Indonesia, termasuk Kota Batu, kegiatan menjadi sangat terbatas,” jelasnya. 

Dipilihnya catur ini merupakan olahraga otak yang cocok untuk para wartawan, sebab setiap hari bertugas melakukan peliputan hingga mengolah data-data menjadi berita. Olahraga catur ini juga menjadi kegiatan refreshing bagi para wartawan Kota Batu yang setiap hari memiliki jadwal padat melakukan kegiatan jurnalistik. 

Baca Juga : Jaga Kesehatan Lingkungan Cabor, KONI Kota Malang akan Beri Bantuan Ini

“Selain itu, kegiatan seperti ini juga untuk ajang silaturahmi antara wartawan dengan beberapa undangan, pejabat atau bahkan nara sumber,” jelas Mastur.

Sementara itu Ketua KONI Kota Batu Mahfud menambahkan, kegiatan ini sebagai awal, sehingga ke depan SIWO PWI dapat melakukan sosialisasi olahraga lainnya. “Kedepannya saya berharap SIWO PWI yang merupakan mitra dari KONI Kota Batu untuk memperdalam, bukan hanya di catur tapi cabo-cabor lainnya,” ucapnya. 

Topik
turnamen catur turnamen catur wartawan

Berita Lainnya