Amankan Situasi Pilkada, Polres Trenggalek Gelar Deklarasi | Jatim TIMES

Amankan Situasi Pilkada, Polres Trenggalek Gelar Deklarasi

Dec 01, 2020 19:06
Penandatanganan deklarasi pilkada aman dan bersih dari money politik
Penandatanganan deklarasi pilkada aman dan bersih dari money politik

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek 2020 sudah di depan mata. Semua elemen masyarakat tentunya mendambakan pilkada damai jauh dari sengketa perdebatan. Memfasilitasi hal tersebut, Polres Trenggalek menggelar Deklarasi Pilkada Aman dan Bersih dari Politik Uang (money politik).

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, melalui Wakapolres Trenggalek Kompol Mujito, mengungkapkan, kesiapan Polres Trenggalek dalam pengamanan pesta demokrasi menjadi bagian penting bagi berlangsungnya harapan besar seluruh masyarakat. 

Baca Juga : KPU Banyuwangi Tuntaskan Pengiriman Logistik APD fan Gelar Rapid Tes Susulan

"Pengamanan sudah kita lakukan jauh hari. Sejak dari persiapan, tahapan-tahapan pilkada hingga kampanye dan nanti masa tenang. Pencoblosan termasuk paska pilkada dan kontijensinya," ungkapnya.

Mujito melanjutkan, dalam pelaksanannya Polri akan bersinergi bersama TNI, Satpol PP dan Linmas. Sedangkan personel yang di terjunkan paska pemungutan suara untuk pengamanan terdiri dari Polri 620 personel, TNI 223, Satpol PP 100 dan Linmas 4.023 personel.

Pihaknya juga mengimbau kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati berikut tim pemenangan agar selalu menjaga kerukunan, perdamaian dan kesejukan serta tidak melakukan politik uang.

"Sehingga terwujud pilkada 2020 di Kabupaten Trenggalek yang aman, damai dan sehat," tutur Mujito, Selasa (1/12/2020).

Mujito juga menegaskan, penyelenggaraan pilkada yang berlangsung di tengah Pandemi Covid-19 terdapat regulasi yang mengatur tentang langkah pencegahan penularan korona di setiap tahapan, termasuk pada saat pencoblosan di TPS.

"Hal ini juga menjadi perhatian kita semua untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19. Semua wajib mematuhi protokol kesehatan secara ketat," tegasnya.

Baca Juga : Paslon LaDub Dapat Dukungan dari Putra Rais Aam PBNU, Turun Gunung Galang Suara

Ditambahkan Mujito, pihaknya juga mengajak semua warga yang telah memiliki hak pilih untuk menyalurkan suaranya di TPS. Tidak mudah terprovokasi atau terhasut oleh informasi yang bertebaran di media sosial yang belum tentu kebenarannya.

"Mari kita bersama-sama sukseskan Pilkada Kabupaten Trenggalek ini. Berdemokrasi secara cerdas, dan tidak tidak mudah terprovokasi atau diadu domba," pungkasnya.

 

Topik
pilkada kabupaten trenggalek Deklarasi Pilkada Damai Polres Trenggalek

Berita Lainnya