Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Pjs Bupati Blitar Terima DIPA dan TKDD Tahun 2021

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

30 - Nov - 2020, 16:09

Placeholder
Gubernur Khofifah menyerahkan DIPA dan TKDD Tahun 2021 kepada Pjs Bupati Blitar Budi Santosa

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Blitar Budi Santosa menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Dana Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) 2021 yang diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Grand City Surabaya, Senin (30/11/2020).

DIPA adalah dokumen pelaksanaan anggaran yang disusun atas Keputusan Presiden mengenai rincian anggaran belanja pemerintah pusat. Fungsinya sebagai dasar pelaksanaan anggaran. Sementara, TKDD terdiri dari Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, DAK Nonfisik, Dana Insentif Daerah (DID), dan Dana Desa.

Baca Juga : Gebyar Tsunami 1260, Indomaret Bawa Produk UMKM Kabupaten Malang ke Kancah Nasional 

 

Pemprov Jatim menerima Dana Transfer ke daerah senilai Rp 76,6 triliun untuk 38 daerah di Jatim. Sedangkan untuk Dana Desa Pemprov Jatim menerima Rp 7,6 triliun. Bukan hanya Kabupaten Blitar, DIPA dan TKDD juga diserahkan kepada seluruh Bupati/Wali Kota se-Jawa Timur. 

“Saya berharap seluruh kepala daerah di Jatim untuk segera tancap gas melaksanakan instruksi presiden memaksimalkan penggunaan anggaran untuk pembangunan daerah. Dan perlu diingat, seluruh kebijakan dan program yang digulirkan Pemprov Jatim harus diselaraskan dengan program kebijakan pemerintah pusat,” ungkap Gubernur Khofifah.

Dikatakan gubernur, ada empat fokus APBN tahun anggaran 2021 sesuai instruksi presiden. Fokus pertama untuk bidang kesehatan, vaksin, sarpras kesehatan, lab dan penelitian.

Fokus kedua untuk perlindungan sosial bagi kelompok miskin dan rentan. Fokus ketiga pemulihan ekonomi nasional untuk dukungan UMKM dan dunia usaha, dan fokus keempat untuk reformasi struktural.

Presiden Joko Widodo meminta agar DIPA dan TKDD yang telah dia serahkan kepada daerah agar segera dibelanjakan dan dimanfaatkan sesuai dengan instruksi yang dia sampaikan.

“Vaksinasi dilakukan, pemulihan kesehatan dan perekonomian dilaksanakan, bantuan sosial segera disalurkan kepada masyarakat penerima, sehingga perekonomian bergerak, dan kita bisa menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya,” tukas gubernur. 

Sementara itu, Pjs Bupati Blitar Budi Santosa mengungkapkan, diserahkannya DIPA dan TKDD bertujuan agar pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran di daerah dapat lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. 

Menurut Pjs Bupati, DIPA merupakan dokumen yang diperlukan kementerian, lembaga dan pemerintah daerah untuk melakukan belanja. Diserahkannya DIPA ini merupakan dorongan dari pemerintah pusat agar program yang sudah direncanakan bisa cepat direaliasikan di Kabupaten Blitar. 

Baca Juga : Pelatihan PKA Kota Kediri Usai, Wali Kota Minta Percepatan dalam Pelayanan Masyarakat 

 

“Penggunaan anggaran ini harus mengikuti instruksi dari Pemerinta Pusat dalam hal ini Bapak Presiden Joko Widodo. Anggaran dari pusat ini demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Blitar. Sesuai pesan dari Ibu Gubernur, tugas utama kita adalah melayani masyarakat. Setiap rupiah uang rakyat harus dibelanjakan untuk kepentingan rakyat. Kita terus mendorong agar pembangunan di Kabupaten Blitar kedepan semakin maju,” pungkas Budi. 

Selain menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Dana Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) 2021, di kesempatan ini Kabupaten Blitar juga menerima piagam penghargaan peringkat ketiga Penilaian DAK Fisik dan Dana Desa Tercepat Pemerintah Daerah dengan Pagu DFDD Terbesar TA 2020 dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur. Piagam penghargaan diserahkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Pjs Bupati Blitar Budi Santosa.(Adv/Kmf)


Topik

Advertorial



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni