Pjs Bupati Blitar Budi Santosa (kanan) dan Wabup Banyuasin Slamet Somosentono
Pjs Bupati Blitar Budi Santosa (kanan) dan Wabup Banyuasin Slamet Somosentono

Pemerintah Kabupaten Blitar menerima kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Rombongan dari Banyuasin yang dipimpin Wakil Bupati Slamet Somosentono diterima langsung Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Blitar Budi Santosa di Pendopo Agung Ronggo Hadi Negoro, Rabu (25/11/2020). 

Kunjungan Pemkab Banyuasin ke Kabupaten Blitar kali ini dilaksanakan dalam rangka penjajakan kerja sama telur ayam. Sebagaimana diketahui Kabupaten Blitar adalah satu penghasil telur ayam terbesar di Indonesia. Dalam satu hari Kabupaten Blitar menghasilkan produksi 1.400 ton telur ayam. 

Baca Juga : Siap Bangkit Pascapandemi, Forum Pokdarwis Kabupaten Blitar Gelar Rembuk Wisata

“Kedatangan Pemkab Banyuasin ke Kabupaten Blitar hari ini dalam rangka penjajakan kerjasama telur ayam,” ungkap Pjs Bupati Blitar Budi Santosa kepada awak media. 

Sebagai salah satu penghasil telur ayam terbesar di Indonesia, Kabupaten Blitar telah melakukan kerjasama dengan beberapa daerah. Di antaranya dengan DKI Jakarta, Tasikmalaya, NTT, Kalimantan Selatan dan beberapa daerah lainnya. Kerjasama-kerjasama untuk meningkatkan daya saing produk telur ayam terus dikembangkan oleh Pemkab Blitar. 

“Kami berharap juga ada kerja sama pengembangan marketing telur ayam dengan BUMD. Hal itu, sesuai yang disampaikan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Grahadi. Tim dari BUMD telah datang kesini dan telah menjelaskan alternatif-alternatif untuk marketing telurnya,” jelasnya. 

Lebih dalam Pjs Bupati Blitar menyampaikan, Pemkab Banyuasin akan mengembangkan peternakan ayam di daerah mereka. Mereka juga membutuhkan telor untuk memenuhi kebutuhan di wilayahnya.

"Mereka butuh telor, akan kita suplai. Mungkin kalau ada pakan dari sana juga akan kita coba kerjasama. Ini adalah win win solution bagaimana kita menyelesaikan masalah dengan Banyuasin. Dan nampaknya saya optimis kerjasama ini akan berdampak baik untuk Blitar dan Banyuasin," urainya.

Baca Juga : Gegara Bantuan UMKM, Warga di Dinoyo Sempat Memanas hingga Mediasi di Polsek

Lebih dalam di kesempatan ini kedua Pemkab Blitar dan Pemkab Banyuasin juga banyak melakukan sharing di bidang perekonomian.

“Dalam kunjungan ini mereka dari Banyuasin terlihat antusias betul. Mereka ingin tahu bagaimana cara mengembangkan perekonomian dan cara-cara menyelesaikan permasalahan ekonomi yang ada di Blitar,” pungkas Budi.(Adv/Kmf)