Tak Berizin, Pembangunan Kandang Ayam Didemo Warga | Jatim TIMES

Tak Berizin, Pembangunan Kandang Ayam Didemo Warga

Nov 23, 2020 18:58
Puluhan warga menolak pembangunan kandang ayam milik warga
Puluhan warga menolak pembangunan kandang ayam milik warga

Tak ingin lingkungan tercemar adanya bau kotoran ayam, puluhan warga Desa Ronosentanan, Kecamatan Siman, Ponorogo menggelar aksi demo di kawasan calon kandang ayam ras milik Supardi, warga desa setempat, Senin (23/11/2020).

Meski sambil membawa poster dan baliho penolakan, namun aksi demo berjalan damai. Aksi demo ini dipicu karena letak kandang ayam yang berdekatan dengan pemukiman warga "Lokasi kandang berdekatan dengan sekolahan dan jaraknya hanya 25 meter dari lokasi kandang," ucap Agung Prianto, koordinator aksi.

Baca Juga : Lagi-Lagi, Normalisasi Saluran Air Panen Sampah Setara 1 Bak Mobil Pickup

Agung juga menambahkan, warga meminta agar kandang ayam segera dibongkar dan tidak diisi ayam. Sebab kandang ayam tidak mengantongi izin dari lingkungan. "Pokoknya kayak apapun permintaan warga kandang ini harus dibongkar dan warga ini tidak setuju keberadaan kandang ini, karena sangat meresahkan masyarakat. Di sisi lain juga tidak izin dari lingkungan," tambahnya.

Sementara Ali Suroso warga lain mengatakan, keberadaan kandang ini membuat warga resah dan khawatir, sebab nantinya kotoran ayam akan menimbulkan bau tak sedap. Termasuk kemunculan lalat akibat bau dari kandang. "Di sini dekat pemukiman dan sekolah anak-anak. Yang jelas masyarakat sudah resah karena tidak ada negosiasi dengan lingkungan," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan akibat pembangunan kandang ayam ini, warga berharap kepada pemerintah daerah untuk bertindak tegas dengan cara membongkar kandang ayam. "Kami berharap pemerintah daerah bertindak tegas, sebab selain tak ada izin keberadaan kandang sangat meresahkan warga," pungkasnya.

Topik
demo kandang ayam

Berita Lainnya