Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

IKK Oktober Meningkat, BI Prediksi Ekonomi Dunia Usaha Membaik

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Dede Nana

11 - Nov - 2020, 19:13

Placeholder
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang Azka Subhan Aminurridho. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

Kondisi ekonomi di wilayah kerja Bank Indonesia (BI) Malang diproyeksikan membaik di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut mengacu pada hasil Survei Konsumen bulan Oktober 2020 lalu meningkat cukup signifikan.

Peningkatan Itu artinya, daya beli masyarakat di Kota Malang di masa New Normal atau adaptasi tatanan kehidupan baru di tengah pandemi Covid-19 telah menunjukkan adanya peningkatan.

Baca Juga : Kilas Balik 20 Tahun Berkarya, Yanie Naya Gelar Wedding Expo 2020

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang Azka Subhan Aminurridho, mengatakan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada bulan Oktober 2020 ini sebesar 88,83. Angka tersebut meningkat dibandingkan bulan September 2020 yang berada di 81,92.

"Di bulan Oktober ini meningkat menjadi 88,83 atau sebesar 6,91 dibandingkan bulan sebelumnya. Meskipun nilai tersebut masih berada di zona pesimis," ujarnya.

Membaiknya keyakinan konsumen saat ini, menurut Azka, dilihat dari persepsi kondisi ekonomi sekarang dan kondisi ekonomi ke depan. Di mana, untuk Indeks Kondisi Ekonomi saat Ini (IKE) meningkat sebesar 55,33. Sedangkan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 122,33.

Kemudian peningkatan indeks pembelian durable goods yang tercatat dari sebesar 65,00 menjadi sebesar 72.00. Peningkatan indeks durable goods saat ini dinilai sejalan dengan Survei Penjualan Eceran yang dilaksanakan di Kota Malang.

"Di mana dari situ terjadi peningkatan omzet penjualan pada barang elektronik dan kendaraan bermotor," imbuhnya.

Lebih jauh Azka menilai, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan masih cukup kuat. Hal itu didukung oleh ekspektasi terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja ke depan, dan ekspektasi kegiatan usaha.

Baca Juga : 4 Sumur Baru Pertamina EP Cepu Masuk Tahap Uji Produksi, Target On-Stream 2021

"Peningkatannya terutama terjadi pada ekspektasi penghasilan yang mengalami peningkatan dari sebesar 123,50 pada bulan sebelumnya menjadi sebesar 132,50," ungkapnya.

Dengan begitu, pihaknya optimis kondisi new normal alan mengembalikan kegiatan dunia usaha di Kota Malang secara bertahap. Sehingga pertumbuhan ekonomi juga terus mengalami peningkatan.

"Seiring dengan adaptasi kondisi new normal, kegiatan dunia usaha mulai mengalami perbaikan sehingga responden berkeyakinan bahwa tingkat penghasilan mulai mengalami peningkatan," tandasnya.


Topik

Ekonomi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Dede Nana