26/11/2022 Di Hari Pahlawan, Bupati Jombang Ajak Masyarakat Teladani Nilai Perjuangan Para Pahlawan | Jatim TIMES

Di Hari Pahlawan, Bupati Jombang Ajak Masyarakat Teladani Nilai Perjuangan Para Pahlawan

Nov 10, 2020 18:39
Bupati Jombang Mundjidah Wahab bersama para pimpinan Forkopimda Jombang berdoa di makam Bupati Jombang pertama RAA Soeroadiningrat. (Foto : Dokumentasi Bagian Humas dan Protokol Setdakab Jombang)
Bupati Jombang Mundjidah Wahab bersama para pimpinan Forkopimda Jombang berdoa di makam Bupati Jombang pertama RAA Soeroadiningrat. (Foto : Dokumentasi Bagian Humas dan Protokol Setdakab Jombang)

Pewarta: Adi Rosul | Editor: A Yahya

JOMBANGTIMES - Serangkaian peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November dilakukan oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab. Pada momentum itu, Mundjidah mengajak masyarakat untuk meneladani nilai-nilai perjuangan para pahlawan.

Peringatan Hari Pahlawan diawali dengan upacara di Taman Makam Pahlawan (TMP), Jalan Kusuma Bangsa, Jombang pada Selasa (10/11) pagi tadi. Bupati Jombang Mundjidah Wahab hadir langsung pada upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional tersebut. 

Baca Juga : Bupati Jombang Hadiri HUT Perumdam Tirta Kencana ke-30

Turut hadir pada kegiatan itu, Kapolres Jombang, Dandim 0814/Jombang Dansatradar 222 dan para pimpinan Forkopimda Jombang lainnya. Kepala Kejaksaan Negeri Jombang Yulius Sigit Kristanto menjadi inspektur upacara kali ini. 

Selesai melaksanakan upacara, Bupati Jombang dan rombongan Forkopimda serta jajaran pejabat di lingkup Pemkab Jombang menggelar doa dan tabur bunga di makam Bupati Pertama Jombang periode 1910-1930, RAA Soeroadiningrat dan Bupati kedua 1930-1946, RAA Setjoadiningrat. 

Selanjutnya, rombongan langsung berziarah ke sejumlah makam pahlawan nasional. Ziarah diawali ke makam KH Wahab Chasbullah di Ponpes Tambakberas. Kemudian dilanjutkan ke makam KH Hasyim Asy'ari dan putranya KH Wahid Hasyim. Ketiga pahlawan nasional ini sama-sama pejuang di era sebelum hingga sesudah kemerdekaan. 

Pada momentum itu, Bupati Jombang meminta agar masyarakat kota santri lebih meneladani nilai-nilai perjuangan para pahlawan. Spiritualitas yang tinggi dari para pahlawan diharapkan bisa menjadi cambuk bagi masyarakat saat ini, terutama kalangan muda. 

"Agar generasi muda Jombang bisa meneladani para pahlawan, harus ditanamkan spiritualitas sejak dini. Inilah sebabnya kami ingin mewujudkan Jombang berkarakter. Yakni masyarakat Jombang yang dilandasi akhlak dan nilai-nilai luhur berdasarkan basis agama," kata Mundjidah. 

Baca Juga : Percepatan Kepemilikan KIA, Dispendukcapil Kabupaten Blitar Gandeng Disdik dan Kemenag

Sementara, Kajari Jombang Yulius Sigit Kristanto pada amanatnya menyampaikan, bahwa upacara dan Ziarah ke makam pahlawan merupakan bentuk rasa cinta terhadap tanah air. Dan juga sebagai wujud penghargaan serta penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut serta mempertahankan Kemerdekaan bangsa Indonesia. 

"Peringatan Upacara Hari Pahlawan ini, diharapkan mampu memperkuat nilai nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia. Substansi peringatan hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari hari," ujarnya. 

Rangkaian acara Hari Pahlawan diakhiri dengan bersilaturahmi dengan para pejuang Veteran di Pendopo Pemkab Jombang. Bupati bersama Forkopimda pada kesempatan tersebut menyerahkan tali asih kepada 50 Veteran.(*)

Judul berita Di Hari Pahlawan, Bupati Jombang Ajak Masyarakat Teladani Nilai Perjuangan Para Pahlawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Bupati Jombang dinas olahraga dan pariwisata kota malang

Berita Lainnya