Goweser Pamekasan Andy.K (Foto: Ist/JatimTimes.com)
Goweser Pamekasan Andy.K (Foto: Ist/JatimTimes.com)

Ingin tubu sehat dan imun meningkat, 4 cara ini bisa menjadi pilihan untuk dilakukan para penghobi sepeda. Selain gowes untuk kebugaran, hal-hal ini tidak boleh begitu saja ditinggalkan. 

4 tips sederhana ini dapat dilakukan setiap harinya ketika anda sedang beraktivitas maupun tidak sedang beraktivitas. Tentunya sesuai anjuran dan petunjuk.

Baca Juga : Peduli Cagar Budaya Majapahit, Wiropati Gowes Community Bersihkan Situs Bersejarah

Yang pertama, sebelum gowes, banyak-banyaklah minum air putih. Ini penting untuk meningkatkan cairan di tubuh agar tidak dehidrasi ketika sedang memacu sepeda angin.

Hal ini sudah diterapkan oleh Andy K dan kawan-kawannya di waktu gowes. Menurutnya, gowes efektif dilakukan minimal dalam satu minggu 2-3 kali.

"Di masa pandemi covid-19 ini cara hidup sehat dan sederhana ala gowes menjadi pilihan tren. Gowes digemari oleh masyarakat juga dapat meningkatkan imun tubuh. Tentunya harus menyeimbangi dengan selalu meminum air putih minimal 8 gelas perhari," katanya, Minggu (31/10/2020) pagi.

Tips yang kedua, sebelum gowes, konsumsi makanan dengan gizi seimbang harus tetap dilakukan. Rajin mengonsumsi sayur- sayuran, buah, juga asupan utama seperti karbohidrat dan protein dalam jumlah yang cukup. 

"Sayur-sayuran hijau juga dapat meningkatkan imun tubuh kita menjadi kuat dan kebal. Apalagi ditambah juga mengonsumsi buah-buahan," terang Andy ketika gowes di Jalan Stadion Pamekasan.

Kemudian yang ketiga, istirahat yang cukup. Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci dari kekebalan tubuh. 

"Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri," ujarnya.

Baca Juga : Zin Aye Instruktur Senam Asal Pamekasan Ajak Masyarakat Tetap Sehat Saat Pandemi

"Sementara, orang yang kurang dari 6 jam setiap malam akan 4 kali lebih mudah mengalami flu karena virus dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih," imbuhnya.

Yang keempat, tentunya harus selalu menaati protokol kesehatan. Yakni dengan melakukan 3M seperti rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Termasuk ketika gowes atau berkumpul bersama kawan-kawan.

"Agar tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan ya," imbaunya.

"Karenanya, kita adalah pahlawan bagi kita sendiri dan orang lain bilamana kita mampu menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Dengan begitu, kita semua berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19," pungkas Andy.