Kombespol Ahmad Musthofa Kamal, salah seorang pengurus PBVSI Provinsi Papua (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)
Kombespol Ahmad Musthofa Kamal, salah seorang pengurus PBVSI Provinsi Papua (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)

Tim Bola Voli putri Provinsi Papua yang disiapkan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2021 di Provinsi Papua menggelar pemusatan latihan/Training Centre (TC) di Kabupaten Banyuwangi, sejak awal bulan Maret 2020 lalu.

Menurut Kombespol Ahmad Musthofa Kamal, salah seorang pengurus PBVSI Provinsi Papua, pemilihan Banyuwangi sebagai tempat TC bagi tim bola voli Papua karena beberapa alasan. Diantaranya, Banyuwangi dikenal memiliki pemain voli yang andal dan dikenal sebagai kekuatan tangguh dalam olahraga bola voli. Kemudian, tempatnya strategis, aman, tenang, nyaman dan fasilitas latihan sangat memadai. Serta masyarakatnya sangat ramah dan mendukung persiapan tim voli Papua.

Baca Juga : Kompetisi Liga 1 2020 Tidak Jelas, Kapten Arema FC Coba Bisnis Kuliner

Pria yang saat ini menjabat Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Papua itu menambahkan, untuk materi pemain tim putri saat ini, tim pelatih melakukan seleksi pemain. Hal ini untuk melengkapi jumlah pemain yang saat ini mengikuti pemusatan latihan di Banyuwangi.

”Dijadwalkan dalam minggu-minggu ini ketiga pemain yang lolos seleksi akan datang dan bergabung dengan teman-temannya yang ada tim PON voli putri Papua,” jelasnya.

Perwira polisi asal Kendal, Jawa Tengah ini menambahkan, rencananya timnya akan terus melakukan TC di Banyuwangi sampai dengan menjelang pelaksanaan PON tahun 2021 di Papua. Sehingga pihaknya memiliki waktu sekitar satu tahun untuk membenahi kekurangan tim dan melakukan persiapan yang optimal.

”Untuk pemantapan dan penguatan persiapan sampai dengan sekitar Oktober 2021 mendatang diharapkan siap dan bisa memberikan hasil seperti yang diharapkan. Karena tim Papua ditargetkan meraih hasil maksimal, yaitu medali emas PON 2021 dalam cabang olahraga bola voli,” imbuhnya.

Selanjutnya, perwira yang akrab disapa Kamal itu, menuturkan, lawan-lawan berat yang akan dihadapi oleh tim bola voli Papua untuk putra-putri antara lain, tim voli provinsi Jawa Timur (Jatim), Jawa Barat (Jabar), DKI Jakarta, Jawa Tengah (Jateng) dan DI Yogyakarta yang selama ini dikenal tangguh dalam cabor bola voli tingkat nasional. 

Waktu 4 (empat) tahun merupakan waktu yang cukup panjang bagi semua tim provinsi di Indonesia untuk menghadapi even sekelas PON.

Baca Juga : Terkena Dampak Pandemi, Arema FC Gunakan 2 Pemain Asing

”Kami masih memiliki waktu satu tahun untuk mempersiapkan tim. Kami juga mengagendakan uji coba dengan tim Banyuwangi maupun tim provinsi lain agar dalam pertandingan sesungguhnya, yaitu PON 2021 mendatang, pemain benar-benar siap dan meraih medali emas seperti yang ditargetkan,” tandasnya.