Salah satu penamaan jalan di Almere, Belanda. (Foto: screenshot YouTube Eka Tanjung).
Salah satu penamaan jalan di Almere, Belanda. (Foto: screenshot YouTube Eka Tanjung).

Nama-nama pulau, kota, bahkan pahlawan di Indonesia memang tak jarang diabadikan sebagai nama-nama jalan. Bukan hanya di kota-kota besar Indonesia saja, nama-nama itu juga banyak diabadikan di berbagai negara di Eropa. Salah satunya yang paling banyak adalah di negeri kincir angin, Belanda.

Bukan tanpa alasan, sejak dulu Belanda dan Indonesia memang terbilang memiliki ikatan yang cukup kuat. Sehingga tak heran, jika di sana akan ditemukan berbagai macam bukti keterikatan sejarah itu. 

Baca Juga : Setelah Dijadikan Nama Jalan, Kini Masjid "Jokowi" Akan Dibangun di Abu Dhabi

Orang-orang Indonesia yang sedang berada di Belanda pun bisa mengobati rasa kangen kampung halaman melalui aneka ragam kenangan yang diabadikan oleh pemerintah Belanda.

Salah satunya, seperti nama-nama jalan yang berkaitan dengan Indonesia. Bukan hanya di kota-kota besarnya saja, beberapa kota cantik seperti Almere banyak menjadikan nama-nama daerah di Indonesia sebagai nama jalan.

Dilansir dari channel YouTube Eka Tanjung, ada beberapa nama kota dan pulau yang dijadikan nama jalan di kawasan perkampungan di Almera. Di antaranya seperti Pontianak, Samarinda, Pelembang, Banda, Surabaya, Bandung, Lombok, hingga Ambon. Nama-nama jalan itu tertera di sebuah perkampungan atau area hunian di Almere serta pusat perkotaan dan keramaian. 

Nama-nama daerah itupun menjadi salah satu obat rindu bagi orang-orang Indonesia yang tengah berada di negeri kincir angin tersebut. Kompleks perkampungan yang tertata sedemikian rupa pun membuat mata yang melihatnya menjadi lebih segar.

Dari video yang diunggah Eka Tanjung tersebut, terlihat jika beberapa kawasan di Almere tersebut sangat hijau dan sejuk. Beberapa area dikelilingi dengan hutan kota yang juga dilengkapi dengan sungai ataupun semacam danau buatan. Terdapat beberapa kursi taman yang bisa dijadikan untuk tempat bersantai.

Baca Juga : Bak Selebritis, Saat Liburan TKW Tulungagung di Hong Kong Bisa Nikmati Hal Ini, Asal..

Saat musim gugur datang, Eka menyebut jika akan banyak daun yang berjatuhan di jalanan. Kondisi itu tak ayal akan membuat kawasan hutan kota di Almere sangat indah dan sejuk. Kondisi kawasan pemukiman yang tak jauh dari hutan kota juga terlihat indah dan menunjukkan sisi modern kota.

Karena di Almere, terbilang tak ada bangunan tua sama sekali. Melainkan memang mencerminkan jika itu merupakan kawasan modern untuk hunian masa depan. Pemukiman yang menggunakan nama-nama daerah Indonesia sebagai nama jalan itu pun dipenuhi dengan berbagai fasilitas yang menarik.

Almere sendiri merupakan sebuah kota reklamasi di utara Amsterdam. Kota ini terletak di provinsi Flevoland dan pada 2017 oleh pemerintah Belanda direncanakan untuk memiliki penduduk sebanyak 350.000 jiwa pada tahun 2030 mendatang. Almere memang menjadi salah satu kota yang terkenal untuk dikunjungi wisatawan.