Kebakaran di desa Trenceng Kecamatan Sumbergempol / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
Kebakaran di desa Trenceng Kecamatan Sumbergempol / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

Kebakaran terjadi di Desa Trenceng, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, Senin (12/10/2020) sekitar pukul 19.00 WIB. Kandang milik Sukamto, RT 01 RW 01 Ngasinan ini habis dilalap api setelah jerami kering hangus terbakar.

"Tiba-tiba api membesar. Kemudian warga sekitar ramai-ramai membantu memadamkan," kata Sumanto.

Baca Juga : Ratusan Mahasiswa Tulungagung Bergerak Turun Jalan, Tolak UU Omnibus Law Cipta Kerja

Karena api terus membesar, warga kemudian mencari alat berupa pompa air dan peralatan lain untuk mengambil air. Tapi, dengan peralatan seadanya, si jago merah tak bisa ditaklukkan. Tak lama berselang, atas informasi warga, tiga unit damkar Pol PP datang ke TKP untuk melakukan pemadaman. Setelah dilakukan penyemprotan, material kering yang telah membara kemudian di bolak balik dan terus disemprot air.

Kabid Damkar Satpol PP Gatot Sunu Wibowo, mengatakan, kebakaran akibat api yang dibakar pemilik dan lupa dimatikan.

"Biasanya, pemilik sapi jika sore diberi penghangat sekaligus untuk mengusir nyamuk. Kemudian apinya merembet karena di lokasi kejadian banyak material kering," kata Gatot.

Dari rembetan kecil ini, api terus membesar kemudian membakar sebagian besar kandang. "Kita lakukan pemadaman hingga pendinginan, kita pastikan api benar-benar padam," jelasnya.

Baca Juga : Deretan Ormas Gelar Aksi 1310 Tolak Omnibus Law, Benarkah KAMI Ikut Kerahkan Massa?

Pihak Polsek Sumbergempol juga terlihat di lokasi untuk melakukan olah TKP sekaligus menghitung taksir kerugian atas peristiwa kebakaran tersebut.